3 Cara Membuat Magnet

Table of Contents

3 Cara Membuat Magnet

Kamu puas menaruh tempelan di pintu kulkas nggak sih? Tempelan kulkas ini lucu-lucu banget, ya! Biasanya termasuk kerap dijadikan oleh-oleh, lho. Hayo, yang pintu kulkasnya penuh dengan tempelan kulkas, coba tunjuk tangan! Hahaha. Kamu dulu mengira-ngira nggak sih, kenapa tempelan kulkas ini mampu menempel di pintu kulkas? Padahal ‘kan nggak ada lemnya ya. Nah, tempelan kulkas ini mampu menempel di pintu kulkasmu karena mereka ini punya magnet di anggota belakangnya. Wah. Kira-kira, bagaimana ya cara menyebabkan magnet? Kuy, kami review cara-cara membuatnya. Ada 3 cara yang mampu anda coba, nih!

Cara pertama untuk membuat magnet adalah dengan menggosokan magnet. Apakah digosok layaknya menggosok barcode di kupon undian? Hmm… konsep menggosoknya kurang lebih sama, sih. Jadi, kalau magnetnya digosokkan secara berulang-ulang pada besi dan baja dengan teratur, maka besi dan baja tersebut bakal berwujud magnetik. Kalau udah berwujud magnetik gitu, bermakna dia udah jadi magnet, ya? Yes, betul sekali Squad. Oh iya, anda kudu ingat, kutub magnet yang dihasilkan pada magnet baru ini tentu berlawanan dengan kutub magnet yang menggosoknya. Jangan lupa, ya!
Cara yang ke-2 disebut dengan elektromagnet. Hah, maksudnya apa tuh? Buat magnetnya mengfungsikan listrik? Betul banget! Proses pembuatan magnet dengan cara elektromagnet ini benar-benar mengandalkan arus listrik. Cara membuatnya cukup mudah, lho. Kamu tinggal melilitkan besi atau baja dengan kawat berarus listrik. Jangan lupa, kawatnya kudu anda hubungkan dengan baterai terutama dahulu, ya. Nanti, lapisan magnet elementer pada besi atau baja tersebut bakal didapat berasal dari arus DC baterai. Tenang, lapisan magnet elementernya udah teratur, kok! Oh iya, arah kutub magnetnya mampu ditentukan lewat kaidah tangan kanan

Cara yang paling akhir namanya induksi. Eh.. bukan induksi layaknya berkenan melahirkan, kan? Hahaha bukan, kok. Proses pembuatan magnet dengan cara induksi ini cukup sederhana, lho. Kamu tinggal mendekatkan besi atau baja dengan bahan magnet yang cukup kuat. Lalu, besi atau baja tersebut bakal jadi magnet, deh. Oh iya, saat mereka dijauhkan berasal dari bahan magnet tersebut, besi bakal benar-benar ringan kehilangan pembawaan magnetnya. Kalau baja bagaimana? Baja selalu mampu mempertahankan pembawaan magnetnya kok, walau udah tidak berada di dekat bahan magnet tersebut.

Selengkapnya : https://www.gurukelas.co.id/