Cara Orang Jepang Menghemat Pengeluaran

Cara Orang Jepang Menghemat Pengeluaran

Cara Orang Jepang Menghemat Pengeluaran

Cara Orang Jepang Menghemat Pengeluaran
Cara Orang Jepang Menghemat Pengeluaran

Tahukah Anda bahwa tiga kota di Jepang

termasuk dalam 3 Besar Kota yang Paling Mahal Untuk Ditempati Hidup di tahun 2012. Kota tersebut adalah Tokyo, Osaka dan Nagoya. Semuanya serba mahal, mulai dari harga rumah, mobil, tempat parkir, bahkan minuman.

Nah, yang patut diketahui adalah bagaimana cara orang Jepang dalam berhemat. Apa yang mereka lakukan untuk menekan biaya pengeluaran hidup yang harganya selangit.

1. Membawa tempat minum sendiri.

Orang Jepang cenderung membawa minuman sendiri dari rumah. Agar mereka terhindar membeli minuman dari vending machine. Harga sebotol minuman di Jepang adalah 120 yen atau sekitar Rp.14.500. Coba bayangkan, jika Anda membeli sebotol sehari selama setahun. Bisa sampai jutaan uang yang keluar untuk belanja minuman.

2. Membawa bekal sendiri dari rumah atau makan di tempat murah.

Banyak kaum pekerja muda dan pelajar di Jepang yang membawa makanan dari rumah untuk makan siang. Jika tidak sempat membawa bekal, mereka lebih memilih makan di tempat murah. Selain itu, pemuda di Jepang juga membatasi kebiasaan bersosialisasi atau hang-out bareng teman. Bandingkan dengan remaja di Indonesia yang rela keluar hingga jutaan rupiah dalam semalam hanya untuk menonton konser.

3. Memanfaatkan kartu member untuk diskon

DI Jepang banyak loh, supermaket, toserba dan merchant yang buka 24 jam. Nah, toko-toko ini selalu mengadakan paket belanja hemat dengan potongan diskon bagi para member toko. Hal inilah yang mendorong masyarakat Jepang untuk mendaftar di berbagai tempat belanja yang menyediakan fasilitas diskon bagi para membernya. Kalo di Indonesia mungkin paket belanja hemat adanya pada saat menjelang hari raya. Tapi di Jepang, paket ini hampir setiap hari diadakan.

Sumber : https://pendidikan.co.id/