Definisi Operasional

Definisi Operasional

Definisi Operasional

Definisi Operasional
Definisi Operasional
Untuk menghindari adanya salah pemahaman terhadap makna judul dalam penelitian ini, perlu dijelaskan istilah-istilah sebagai berikut :

a.) Studi

Studi adalah penyelidikan yang kritis, hati-hati dan penuh perhatian (Petter Salim, 1991 : 146). Sedangkan ahli lain berpendapat bahwa studi adalah pelajaran dan penyelidikan terhadap suatu obyek tertentu yang ingin ditinjau (Poerwadarminta, 1994 : 965).
Berdasarkan pendapat ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan studi adalah penyelidikan terhadap suatu obyek yaitu upaya guru dalam bimbingan dan penyuluhan dalam mengatasi kesulitan belajar pada bidang studi biologi kelas VIII SMPN 1 Kediri Tahun Pelajaran 2008/2009

b.)    Upaya

“Upaya adalah suatu kegiatan untuk menuntut suatu hal” (Sumardi, 1987 : 100). Kemudian dalam kamus bahasa Indonesia upaya berarti kegiatan dengan mengarahkan tenaga, pikiran dan badan untuk mencapai suatu maksud pekerjaan (perbuatan, daya usaha dan ikhtiar), (W.J.S Poerdarminta, 1984 : 1136)
Dari kedua pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan upaya adalah “kegiatan dengan mengarahkan potensi yang ada dalam diri baik yang berupa tenaga, pikiran dan badan untuk mencapai maksud dari pekerjaan tersebut”. Jadi upaya yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan penyuluhan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa khususnya bidang studi biologi.

c.)    Guru bimbingan dan penyuluhan

Dalam kamus bahasa Indonesia, dinyatakan bahasa “istilah guru diartikan sebagai orang yang kerjanya mengajar”(W.J.S Poerwadarminta, 1984 : 335).
Sedangkan dalam buku organisasi sekolah pengelolaan kelas, menyatakan bahwa guru adalah “orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan membentuk anak untuk mencapai kedewasaan masing-masing”.
Berdasarkan pendapat di atas, maka yang dimaksud dengan guru adalah “orang yang mempunyai profesi sebagai pengajar dan pendidik yang ikut bertanggung jawab dalam bidang masing-masing untuk membantu anak mencapai kedewasaan dan mengatasi kesulitan belajar khususnya bidang studi biologi”.
Bimbingan dan penyuluhan merupakan terjemahan dari istilah “Guidance” yang berarti bimbingan dan “Counseling” yang berarti penyuluhan. (Walgito, 1995 : 1).

d.)    Kesulitan Belajar

Abu Ahmadi berpendapat bahwa yang dimaksud dengan kesulitan belajar adalah kesulitan dalam menangkap apa yang dipelajari dengan semangat kadang-kadang tinggi, tetapi terkadang sulit juga untuk mengadakan konstrasi, dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana mestinya (Dalyono, 1977 : 229).
Sedangkan Sunarna (1985 : 7) menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan kesulitan belajar adalah kesulitan yang dialami siswa-siswi dalam kegiatan belajarnya.
Berdasarkan pendapat di atas, dapat dipahami bahwa kesulitan belajar dalam penelitian ini adalah suatu keadaan dalam proses belajar mengajar dimana anak didik tidak dapat belajar sebagaimana yang diharapkan.