Pilar – Pilar Dalam Pendidikan Karakter Yang Harus Dipahami

Pilar – Pilar Dalam Pendidikan Karakter Yang Harus Dipahami

Pendidikan karakter didasarkan pada enam nilai-nilai etis bahwa masing-masing orang dapat mengamini – nilai-nilai yang tidak berisi politis, religius, atau bias budaya. Beberapa hal inilah ini yang bisa kita sampaikan untuk menolong siswa mengetahui Enam Pilar Pendidikan Berkarakter, yaitu inilah ini :

1. Trustworthiness (Kepercayaan)

Jujur, tidak boleh menipu, menjiplak atau mencuri, jadilah handal – mengerjakan apa yang kamu katakan kamu akan melakukannya, mohon keberanian untuk mengerjakan hal yang benar, bangun reputasi yang baik, patuh – berdiri dengan keluarga, rekan dan negara.

2. Recpect (Respek)

Bersikap toleran terhadap perbedaan, pakai sopan santun, bukan bahasa yang buruk, pertimbangkan perasaan orang lain, tidak boleh mengancam, memukul atau menyakiti orang lain, damailah dengan kemarahan, hinaan dan perselisihan.

3. Responsibility (Tanggungjawab)

Selalu kerjakan yang terbaik, pakai kontrol diri, disiplin, berpikirlah sebelum beraksi – mempertimbangkan konsekuensi, bertanggung jawab atas opsi anda.

4. Fairness (Keadilan)

Bermain cocok aturan, ambil seperlunya dan berbagi, berpikiran terbuka; memperhatikan orang lain, tidak boleh mengambil deviden dari orang lain, tidak boleh menyalahkan orang beda sembarangan.

5. Caring (Peduli)

Bersikaplah sarat kasih sayang dan menunjukkan kamu peduli, ungkapkan rasa syukur, ampuni orang lain, menolong orang yang membutuhkan.

6. Citizenship (Kewarganegaraan)

Menjadikan sekolah dan masyarakat menjadi lebih baik, bekerja sama, melibatkan diri dalam hal masyarakat, menjadi tetangga yang baik, mentaati hukum dan aturan, memuliakan otoritas, mengayomi lingkungan hidup.

Semoga Bermanfaat. Selengkapnya Baca : www.pelajaran.id/