Sistem Pendidikan Negeri Sakura

Jepang atau yang dikenal juga dengan negeri Sakura memang menjadi sebuah negara yang sangat ideal soal sistem pendidikannya. Dan Jepang termasuk salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik setelah Finlandia.

Sistem Pendidikan Negeri Sakura
Sistem Pendidikan Negeri Sakura

Tentu saja Indonesia harus mencoba berkaca pada Jepang dan perlu melakukan pembenahan diri minimal dibawah kualitas pendidikan yang diselenggarakan di negeri Sakura Jepang. Sangat sesuai dengan mutu memang dan ini yang harusnya menjadi bahan observasi Indonesia untuk melakukan pembenahan di bidang pendidikan. Lantas seperti apakah sistem pendidikan negeri Sakura Jepang? Berikut kami akan berikan informasi lengkapnya untuk Anda. Yuk simak J

Sistem Pendidikan Negeri Sakura

Sistem pendidikan masa pra sekolah

Pendidikan yang berlangsung di masa pra sekolah ini tentu memiliki sekitar 2 jenis yaitu playgroup dan juga TK. Untuk playgroup pendaftarannya harus melalui pemerintah setempat karena tempat yang disediakan juga akan sangat terbatas. Sementara Tk sendiri dapat dimulai pada usia 3 sampai dengan 5 tahun. Lama pendidikan ini kurang lebih 1 – 3 tahun.

Sistem pendidikan sekolah dasar

Pendidikan wajib bagi warga Jepang dimulai pada usia 6 sampai dengan 15 tahun. Dan pendidikan wajib ini diberikan secara gratis oleh pemerintah setempat. Nantinya akan ada pembagian pendidikan yang ada di Jepang dan hampir sama dengan yang ada di Indonesia. Yaitu 6 tahun untuk sekolah tingkat dasar dan kemudian dilanjutkan selama 3 tahun pada tingkat SMP.

Sistem pendidikan menengah atas

Pada sektor pendidikan lanjutan di tingkat SMA, nantinya siswa akan dapat memilih sekolah full time atau part time tergantung dari kebutuhan masing – masing siswa. Disediakan juga pendidikan setara dengan diploma. Nantinya pada tingkat pendidikan SMA, dibedakan pada beberapa kategori diantaranya soal perawatan, jurusan umum, perdagangan, perikanan, dan masih banyak lagi.

Sistem pendidikan di pendidikan tinggi

Mengenai lembaga pendidikan yang ada di Jepang memang nantinya akan dibagi ke dalam 3 kelompok yaitu kelompok akademi atau Junior College. Akademi teknik atau technical college dan universitas. Pendidikan tinggi yang terselenggara di Jepang dikelola oleh 3 lembaga yaitu pada pihak swasta, pemerintah daerah dan yang terakhir adalah pemerintah pusat. Kemudian mahasiswa di Jepang juga dapat mencoba memilih beberapa jenis pendidikan tinggi yang ada seperti halnya sekolah kejuruan, pendidikan akademi, diploma namun tanpa gelar, sarjana dan pasca sarjana.

Di Jepang sendiri metode pembelajaran dan sarana pembelajaran yang dilakukan sangat mutakhir karena memang penekanan soal pendidikan sangat penting di negeri Sakura ini. Karena itu soal pendidikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan budaya pendidikan disana juga sangat baik.

Demikian kiranya sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Sistem Pendidikan Negeri Sakura. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda. sumber : dosenpendidikan.com