Ternyata Ada?? “Kacang Raksasa” di Pusat Galaksi Kita

Ternyata Ada?? “Kacang Raksasa” di Pusat Galaksi Kita

Ilmuwan sukses mengutarakan wujud berasal dari tonjolan pusat atau buldge di pusat galaksi kita, Bimasakti. Terungkap, jantung galaksi Bimasakti tersebut berupa seperti kacang. 4 Bagian pusat Bimasakti punya 10.000 bintang dan merentang sejauh ribuan th. cahaya.

Karena debu, gas, dan banyaknya bintang yang mengaburkan pandangan, pusat Bimasakti tersebut susah untuk diteliti. Data berasal dari proyek penelitian Two Micron All Sky Survey (2MASS) yang ditunaikan sebelumnya mengutarakan bahwa pusat Bimasakti berupa menyerupai huruf X.

Ternyata Ada?? "Kacang Raksasa" di Pusat Galaksi Kita

Lewat riset terbaru, dua tim ilmuwan mendeskripsikan wujud bulge Bimasakti bersama dengan lebih baik, yakni serupa kacang. Tim pertama berasal dari Max Planck Institute for Extraterrestrial Physics di Jerman menganalisis data teleskop Visible plus Infrared Survey Telescope for Astronomy (VISTA) 4,1 mtr. milik European Southern Observatory di Chile.

Dengan memfokuskan terhadap 2 juta bintang raksasa merah yang karakteristiknya sudah dipahami bersama dengan baik oleh para ilmuwan, jarak spesifik dapat dihitung bersama dengan akurat. Dari sini, type 3D berasal dari pusat Bimasakti dapat dibuat.

“Kami menemukan bahwa anggota didalam galaksi kami punya wujud seperti kacang seumpama dilihat berasal dari samping dan wujud batang yang memanjang seumpama dilihat berasal dari atas,” kata Ortwin Gerhard yang turut didalam penelitian ini, seperti dikutip Discovery, Kamis (12/9/2013).

Tim lain yang dipimpin oleh Sergio Vasquez berasal dari Pontificia Universidad Católica de Chile, Santiago, Chile, mengambil pendekatan berbeda. Mereka membandingkan citra pusat Bimasakti yang berjarak 11 th. sinar bersama dengan teleskop MPG/ESO 2,2 meter.

Tim tahu terdapatnya perubahan kecil gara-gara terdapatnya gerakan berasal dari bintang-bintang yang bergerak di langit. Perubahan itu menuntun ilmuwan untuk dapat mengutarakan wujud pusat galaksi Bimasakti.

“Bintang-bintang yang kami amati seperti bergerak di selama lengan buldge berupa X seolah-olah orbit membawanya naik, turun, dan muncul berasal dari bidang Bimasakti. Ini sesuai bersama dengan prediksi type pusat galaksi,” kata Vasquez.

Kedua tim mengutarakan bahwa Bimasakti sebelumnya punya wujud piringan datar. Namun, https://www.ilmubahasainggris.com/ bersamaan selagi selama miliaran tahun, wujud Bimasakti berubah, membuatnya terlihat seperti kacang seumpama dilihat berasal dari samping.