Tips Menulis Surat Teguran Untuk Karyawan

Tips Menulis Surat Teguran Untuk Karyawan

Tips Menulis Surat Teguran Untuk Karyawan – Di sebuah perusahaan pasti saja tersedia sebagian aturan yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Apabila tersedia yang melanggar pasti saja akan tersedia sanksi yang diberikan terhadap karyawan tersebut. Namun untuk memberikan sanksi selanjutnya tersedia aturan dan prosedur yang di awalnya harus dilakukan. Salah satunya adalah dilayangkannya sebuah surat teguran untuk karyawan.

Surat teguran karyawan adalah sebuah surat peringatan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya sebab laksanakan sebuah tindakan yang dinilai menyalahi aturan yang udah ditentukan terhadap perusahaan tersebut. Surat teguran atau yang disebut termasuk bersama surat peringatan ini biasanya diberikan secara bertahap, yakni SP-1, SP-2, dan SP-3. Namun terhadap perusahaan bersama aturan yang ketat, surat teguran diberikan cuma satu kali saja. Jika surat selanjutnya udah diberikan namun masih melanggar, maka ketentuan terberatnya adalah ada pemutusan hubungan kerja.

Surat ini memiliki tujuan untuk memberikan peringatan kepada karyawan yang berbuat kesalahan sehingga tidak ulangi kesalahan selanjutnya dan bekerja bersama lebih baik lagi. Hal ini termasuk memiliki tujuan untuk menaikkan mutu dan mutu kinerja karyawan di perusahaan tersebut.

Untuk menulis surat teguran karyawan tersedia sebagian hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai selanjutnya :

  1. Kepada siapa surat teguran selanjutnya akan diberikan
  2. Pelanggaran apa yang udah dilakukan
  3. Sanksi apa yang diberikan oleh perusahaan serta era berlakunya

Dalam penulisan surat teguran karyawan tidak cuman harus perhatikan 3 hal tadi, cara penulisannya pun harus diperhatikan. Hendaknya pilihlah kalimat yang lebih sopan dan tidak menyinggung perasaan orang tersebut. Karena meskipun ia memicu kesalahan, namun penyampaian peringatan selanjutnya harus dilaksanakan bersama cara yang benar.

Selain itu, sebab surat ini termasuk termasuk sebagai keliru satu surat resmi, maka didalam penulisannya, surat ini perlu kop surat, nomer surat, dan pembuat surat. Surat ini termasuk biasanya dibikin oleh anggota kepegawaian/personalia/HRD di perusahaan tersebut. Untuk lebih jelasnya, selanjutnya ini kami lampirkan semisal surat teguran untuk karyawan.

PT. MAJU BERSAMA

Jl. Dr Husodo, No. 335

Jakarta Selatan , telp. (021) 123-4567

———————————————————–

SURAT PERINGATAN

No. 06/HRD/III/2017

Surat peringatan ini diberikan kepada

Nama     : Deri Prima

Jabatan : Staf Administrasi

Surat peringatan ini diterbitkan berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan yang menunjukan terjadinya tindakan indisipliner yang udah dilaksanakan oleh Sdr. Bangun Arsito, yakni terlambat masuk kerja sepanjang lebih dari 8x terhadap bulan Maret 2017.

Sebagai seorang karyawan, harusnya yang terkait sanggup menjaga tata tertib kerja dan bersedia untuk tiba di tempat kerja sesuai bersama ketentuan yang dicantumkan didalam aturan tata tertib perusahaan yakni jam 08.00 WIB.

Surat peringatan ini memiliki tujuan untuk memberikan pengarahan sekaligus sebagai peringatan kepada yang terkait sehingga lagi mobilisasi tata tertib perusahaan yang berlaku dan tidak ulangi kesalahan yang sama. Dan andaikan ulangi kesalahan yang serupa maka akan diberlakukan tindakan yang sesuai bersama ketentuan aturan perusahaan yang berlaku.

Sehubungan bersama pelanggaran yang berlangsung maka perusahaan memberikan sanksi kepada yang terkait berwujud pemotongan tunjangan Kedatangan sepanjang 3x. Sanksi ini menjadi diberlakukan sejak dibuatnya surat peringatan ini hingga bulan Agustus 2017.

Demikian surat peringatan ini diberikan sehingga sanggup dijadikan sebagai bahan perhatian dan koreksi diri.

Jakarta, 07 April 2017

Penerima SP                                                                       Pembuat SP

 

 

Deri Prima                                                                  Basuki Abdullah, SE

Staf Administrasi                                                                   Personalia

Demikianlah ulasan ini sanggup kami sampaikan kepada anda. Semoga sanggup menunjang kamu didalam memicu surat teguran untuk karyawan.

Sumber : https://www.kumpulansurat.co.id/