Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa

Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa

Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa

Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa
Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa

2. Apa yang terjadi apabila kita tidak memiliki bahasa?
Jawab: Akan sangat sulit bagi bangsa yang berbeda untuk saling berkomunikasi secara lancar dan wajar dengan bangsa lain yang berbeda latar belakangnya. dan harus ada bahasa yang lebih univesal. seperti bahasa inggris yang merupakan bahasa universal di dunia ini.

3. Benarkah bahasa dapat mempengaruhi perilaku?
Jawab: Menurut pendapat saya, bahasa bisa menjadi salah satu faktor pendukungnya selain dari keluarga dan lingkungan. Karena, apabila kita berkata kasar, untuk kaum bangsawan itu tidak termasuk diantara kaumnya. Dan apabila seorang preman bertutur kata lemah lembut dan gemulai itu hanya akan menjatuhkan martabat dari komunitas preman itu sendiri. Sehingga itu membuktikan bahwa bahasa mempeharuhi prilaku dari seseorang apabila dilihat secara realita.

4. Pengucapan bunyi-bunyi bahasa yang kurang tepat dapat mengalihkan perhatian pendengar atau terjadi kesalah pahaman?
Jawab: Arti dari suatu bahasa dapat bersifat artbiner atau manasuka. Artbiner atau manasuka berarti tidak terdapat suatu keharusan bahwa suatu rangkaian bunyi tertentu harus mengandung arti tertentu pula.
Contoh sederhananya adalah, makna kata “tulang” dalam bahasa Indonesia adalah kerangka sedangkan ‘tulang” bagi suku di sematera adalah paman. Hal ini dapat memperjelas penjelasan diatas.

5. Unsur-unsur yang dapat mendorong ekspresi diri dari fungsi bahasa?
Jawab: Pada saat menggunakan bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan diri, si pemakai bahasa tidak perlu mempertimbangkan atau memperhatikan siapa yang menjadi pendengarnya, pembacanya atau khalayak sasarannya. Ia menggunakan bahasa hanya untuk kepentingannya pribadi. Fungsi ini berbeda dari fungsi berikutnya, yakni bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi
Sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat didalam dada kta, sekurangkurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita. Unsur-unsur yang mendorong ekspresi diri diantara lain:
• agar menarik perhatian orang lain terhadap kita
• keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.

Sumber : http://fenilu95.blog.unjaniyogya.ac.id/euclidea-apk/