Bank penantang Varo, yang segera menjadi bank nyata, mengumpulkan $ 241 juta Seri D

Bank penantang Varo, yang segera menjadi bank nyata, mengumpulkan $ 241 juta Seri D

Bank penantang Varo, yang segera menjadi bank nyata, mengumpulkan $ 241 juta Seri D

 

Bank penantang Varo, yang segera menjadi bank nyata, mengumpulkan $ 241 juta Seri D
Bank penantang Varo, yang segera menjadi bank nyata, mengumpulkan $ 241 juta Seri D

Startup mobile banking Varo Money telah mengumpulkan tambahan $ 241 juta dalam pendanaan Seri D, perusahaan mengumumkan hari ini. Investasi ini dipimpin bersama oleh investor baru Gallatin Point Capital dan investor yang sudah ada, The Rise Fund, didirikan oleh TPG. Turut berpartisipasi dalam putaran itu adalah Bono (ya, yang itu), bersama dengan pengusaha, investor berdampak dan produser film Jeff Skoll; plus Mitra HarbourVest dan Asuransi Progresif.

Hingga saat ini, Varo telah mengumpulkan dana $ 419,4 juta.

Diluncurkan pada Juli 2017, Varo sekarang adalah salah satu dari beberapa aplikasi perbankan digital yang mengambil bank tradisional. Pesaingnya termasuk startup seperti Chime, Current, Space, Cleo, N26, Empower Finance, Level, Step, Moven dan banyak lagi.

Mirip dengan orang lain di ruang ini, Varo menjanjikan rekening bank yang mudah diakses tanpa biaya bulanan atau saldo minimum, ditambah tabungan berbunga tinggi, dan pengalaman aplikasi seluler modern. Meskipun tidak memiliki cabang bata-dan-mortir, pelanggan dapat mengakses uang mereka melalui jaringan lebih dari 55.000 ATM Allpoint gratis di seluruh dunia.

Selama krisis COVID-19, Varo melayani basis pelanggannya dengan menyediakan akses awal ke stimulus dan dana bantuan pengangguran, seperti halnya dengan pembayaran setoran langsung pengguna. Hal ini juga meningkatkan batas setoran dan ATM, dan bermitra dengan platform kerja Steady dan Wonolo untuk membantu menghubungkan para pelanggannya dengan peluang kerja baru.

Seperti kebanyakan pesaingnya, Varo sendiri bukan bank – akunnya

hingga saat ini disediakan oleh The Bancorp Bank, anggota FDIC.

Itu bisa segera berubah, kata perusahaan.

Pada bulan September 2018, Varo menerima persetujuan awal dari Kantor Pengawas Keuangan Mata Uang (OCC). Pada bulan Februari 2020, Varo mengumumkan itu adalah startup perbankan pertama yang memenangkan persetujuan untuk asuransi FDIC. Bulan lalu, perusahaan mengatakan akan pindah ke tahap akhir dari perjalanan charter banknya .

“Varo didirikan pertama dan terutama untuk membuat dampak yang kuat pada ketimpangan keuangan sistemik di masyarakat di seluruh negeri ini,” kata Colin Walsh, pendiri dan CEO Varo, dalam sebuah pernyataan. “Sebagai bank digital sepenuhnya pertama, Varo akan menghidupkan misi inklusi keuangan kami dan menciptakan komunitas yang lebih tangguh secara finansial – dan dengan demikian lebih sehat dan kuat. Investasi baru ini akan memungkinkan kami untuk menyelesaikan proses penyewaan dan memanfaatkan teknologi perbankan modern kami untuk membangun rekam jejak inovasi dan inklusi kami, ”tambahnya.

Sambil menunggu penyelesaian persyaratan yang disyaratkan oleh OCC, FDIC dan Federal Reserve, Varo akan menerima persetujuan untuk menjadi bank nasional.

Perusahaan mengharapkan proses ini selesai pada musim panas 2020, di mana pada saat itu mereka akan memperluas jajaran layanan untuk memasukkan kartu kredit, pinjaman, dan produk tabungan tambahan.

Ekspansi tersebut akan membantu membedakan aplikasi mobile banking

lebih lanjut dari sejumlah pesaing, karena kelompok besar saat ini sebagian besar tetap fokus pada penawaran rekening giro dan tabungan, bukan produk keuangan yang lebih lengkap.

Varo bukan satu-satunya startup fintech yang bergerak menuju menjadi bank nyata. Pada bulan Maret, Square mengatakan telah menerima persetujuan dari FDIC untuk melakukan asuransi simpanan. Ini bertujuan untuk meluncurkan Square Financial Services, menawarkan pinjaman usaha kecil, pada tahun 2021.

Langkah-langkah ini oleh startup fintech datang pada saat generasi muda meninggalkan perbankan warisan demi teknologi. Milenium khususnya tidak percaya bank besar , lebih memilih bank penantang bebas biaya yang menawarkan fitur mobile modern yang mereka harapkan dari semua aplikasi mereka yang lain.

“Di tengah-tengah semua tantangan ekonomi yang dihadapi orang saat ini, ekonomi digital masih bisa menjadi kekuatan untuk kebaikan. Fokus Varo pada inklusi keuangan dan dukungan yang mereka tawarkan kepada orang-orang untuk membantu mengelola keuangan mereka dan mengurangi tekanan finansial benar-benar penting pada saat begitu banyak keluarga Amerika berjuang dalam ekonomi yang tidak stabil. Dan itulah mengapa RISE memilih untuk bermitra dengan tim di Varo, ”kata Maya Chorengel, mitra pengelola Rise Fund.

Selain ekspansi ke produk-produk baru, Varo akan merekrut di seluruh

operasi, pemasaran, risiko, teknik dan komunikasi setelah penutupan ronde. Baru-baru ini ia menambahkan jumlah karyawan ke tim layanan pelanggannya.

Varo hari ini menghitung hampir 2 juta rekening perbankan dan tabungan dan berkembang pesat. Sejak awal 2020, pertumbuhan akun naik 60%, pengeluaran naik sekitar 1,5x pada periode yang sama dan deposito naik sekitar 3,5x.

Baca Juga: