Biografi Osama Bin Laden

Table of Contents

Biografi Osama Bin Laden

Osama Bin Laden dilahirkan di Riyadh, Saudi Arabia pada tahun 1957. Dikenal sebagai dalang penyerangan teroris melawan Amerika Serikat dan kekuatan barat lainnya, juga pemboman Pusat Perdagangan Kota New York pada tahun 1993, bom bunuh diri pada kapal perang Amerika Serikat tahun 2000, dan serangan ke Pusat Perdagangan Dunia di kota New York dan Pentagon dekat Washington, D.C tanggal 11 September 2001 walau Ia tidak ada didalam daftar orang yang melaksanakan serangan ini namun iya dianggap sebagai dalangya yang paling dicari. dan menjadikan ia sebagai sepuluh orang yang paling dicari oleh FBI.

Dalam wawancara tahun 1998, dia memberi tambahan tanggal lahir 10 Maret 1957. [6] Ayahnya Muhammad Awad bin Laden adalah seorang entrepreneur kaya yang punyai interaksi dekat bersama dengan keluarga kerajaan Saudi. Osama bin Laden adalah putra tunggal Muhammad bin Laden dari istri kesepuluh, Hamidah al-Attas. Osama orangtuanya bercerai segera setelah ia lahir; Ibu Osama lantas menikah Muhammad al-Attas. Bin Laden belajar ekonomi dan administrasi usaha di King Abdulaziz University. Beberapa laporan memberi saran bin Laden mencapai gelar didalam tehnik sipil pada tahun 1979, dan gelar sarjana administrasi publik pada tahun 1981. Sumber-sumber lain melukiskan dia meninggalkan kampus pada tahun ketiga perkuliahanya, dan tidak dulu merampungkan gelar sarjana , Bin Laden amat punyai minat yang besar pada agama,

Keberatannya adalah pada kehadiran pasukan amerika Serikat di Saudi Arabia selama Perang Teluk Persia. Menjelang tahun 1993 ia telah mendirikan suatu jaringan yang dikenal bersama dengan al-Qaeda.

Kelompok selanjutnya mendanai
dan mengorganisir sebagian serangan ke semua dunia, juga bom truck detonasi melawan Amerika tujuan di Saudi Arabia pada tahun 1996, pembunuhan turis di Mesir pada tahun 1997, dan pemboman secara simultan di kedutaan amerika Serikat di Nairobi, Kenya, dan Dar es Salaam, Tanzania pada tahun 1998, yang kesemuanya membunh nyaris 300 orang.

Pada tahun 1994, pemerintah Saudi Arabia mengambil passpornya setelah menuduhnya subversi, lantas ia lari ke Sudan, di mana ia mengorganisir camps yang melatih militant bersama dengan metode teroris dan kelanjutannya ia lari pada tahun 1996. Ia lantas lagi ke Afghanistan, di mana ia terima pertolongan dari pemimpin militant Taliban.

Sejak tahun 2001, Osama Bin Laden dan organisasinya telah menjadikanya sebagai sasaran utama oleh Amerika sebagai kampanye Perang terhadapo teroris. Osama dan rekan pimpinan Al-Qaeda diyakini bersembuyi didekat perbatasan Afghanistan dan Pakistan.

Desember 2001 berasal dari sumber yang tidak mampu disebutkan, Pakistan Observer melaporkan bahwa Bin Laden meninggal akibat komplikasi paru-paru dan dikuburkan didalam sebuah makam tak bertanda di Tora Bora pada 15 Desember. Laporan ini diklarifikasi oleh Fox News di Amerika Serikat pada Desember 26. Juga pada 26 Desember koran Mesir AlWafd – Harian mengklarifikasi kabar selanjutnya dan menyebutkan bahwa pejabat terkemuka Afghan Taliban, yang dikira ada di pemakaman, menunjukkan bin Laden telah dimakamkan pada atau sekitar Desember 13. Sebuah rekaman video yang dirilis pada tanggal 27 Desember menunjukkan seorang kurus keliahtan sakit yang disebut-sebut sebagai Bin Laden, membawa dampak ajudan Gedung Putih yang tidak disebutkan namanya memberi tambahan komentar bahwa perihal itu mampu saja dibuat tak lama sebelum akan kematiannya.

Sumber : https://tutorialbahasainggris.co.id/

Baca Juga :