Bunda, Ketahui 5 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

Bunda, Ketahui 5 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

Bunda, Ketahui 5 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

Bunda, Ketahui 5 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir
Bunda, Ketahui 5 Fakta Tentang Bayi Baru Lahir

Pasangan suami istri yang baru mempunyai bayi tentu sangat

membahagiakan sekaligus khawatir. Karena mereka belum mempunyai pengalaman mengasuh bayi apalagi baru lahir.

Oleh karena itu, bunda perlu mengetahui beberapa fakta tentang bayi baru lahir. Bayi baru lahir sangat perlu mendapatkan perhatian lebih. Kondisinya pun sangat rentan. Hal ini karena secara fisiologis, saluran cerna bayi belum matang sempurna. Hal ini disampaikan dr.Badriul Hegar, Ph.D, Sp.A(K), dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

“Selain itu, secara fisiologis juga mukosa saluran cerna bayi masih terbuka.

Ini artinya protein tertentu, molekul-molekul besar dan bahkan juga kuman patogen, menjadi mudah masuk ke aliran darah. Kan tidak ada penghalangnya,” ujar Hegar, sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman haibunda.com yang dikutip dari detikcom.

Hegar juga mengatakan, sebagian besar bayi baru lahir sistem imunnya belum berkembang sempurna. Maka, terpapar sedikit saja bakteri atau virus, bayi jadi mudah terkena infeksi dan sakit.

Berikut beberapa fakta tentang bayi baru lahir:
Bentuk Bayi Baru Lahir

Saat baru keluar dari rahim Bunda, kepala bayi mungkin terlihat sangat

lunak. Bayi juga mungkin ditumbuhi banyak rambut halus yang disebut lanugo. Wajahnya juga terlihat bengkak dengan mata tertutup dan sedikit lengket.

Ini wajar, karena dia menghabiskan waktunya selama sembilan bulan dalam rahim. Tenang, dalam beberapa waktu dia akan terlihat cantik atau tampan seperti yang Bunda bayangkan.
Kulit Kering

“Jika kita merendam diri dalam cairan selama sembilan bulan dan kemudian mengudara, kita akan kering juga,” kata dokter anak, Laura Jana, M.D.

 

Baca Juga :