Cara Menghemat Kuota Internet

Smartphone Android adalah perangkat yang sangat praktis. Tetapi kecanggihan tidak bisa dimulai dari internet. Tanpa Internet, hampir setengah dari kecanggihan Android akan hilang, karena berbagai aplikasi dan fitur sangat tergantung pada Internet.

Kebutuhan akan internet membuat perangkat Android rawan membuang-buang penggunaan data internet. Tentu ini bukan masalah jika Anda menggunakan paket yang tidak terbatas. Tetapi bagaimana jika Anda membeli paket internet berbasis biaya? Um, tentu saja, ya, saya tahu ini, mengapa itu sesuatu yang diketahui sebelumnya.

Nah jika Anda memiliki masalah ini saat ini, Caris Signal akan meninjau 5 cara untuk menghemat kuota internet untuk perangkat Android Anda. Apa itu di sini adalah ulasan lengkapnya.

Gunakan Wifi

Cara pertama dan termudah adalah menggunakan koneksi WiFi. Jika Anda memiliki jaringan WiFi di rumah, sekolah, kampus, atau kantor Anda, gunakan sebanyak mungkin sehingga Anda tidak perlu menghabiskan kuota internet operator seluler.

Selain lokasi-lokasi ini, saat ini ada banyak area umum di sekitar kita yang menawarkan titik akses WiFi gratis. Beberapa tempat ini termasuk taman, bus, kereta api, pasar mini dan banyak lagi. Banyak tempat ibadah, seperti masjid, juga dilengkapi dengan Wi-Fi.

Pastikan untuk memeriksa apakah operator yang Anda gunakan menawarkan akses WiFi gratis. Karena kenyataan bahwa banyak operator di Indonesia telah menyediakan penggunanya dengan akses WiFi gratis ke berbagai lokasi, seperti ID WiFi Telcom Speedy, Indoset Super WiFi, dan lainnya.

Jika Anda berlibur ke luar negeri, disarankan untuk menggunakan koneksi WiFi. Karena kecepatan jelajah data seringkali sangat mahal dan kami tidak dapat menggunakan paket internet yang disediakan di sana. Nonaktifkan opsi jelajah data di Pengaturan> Nirkabel & Jaringan> Penggunaan data> Data seluler.

Tetapkan batas penggunaan internet

Cara selanjutnya untuk menghemat kuota internet adalah dengan menetapkan batas penggunaan internet di ponsel pintar Android Anda. Tip, buka Pengaturan Menu> Nirkabel & Jaringan> Akses Data dan kemudian tetapkan jumlah kuota Internet yang ingin Anda gunakan selama sebulan.

Setelah itu, Anda akan diingatkan tentang fungsi ini ketika batasan ini hampir menghilang. Anda juga dapat mengkonfigurasi perangkat Android Anda untuk secara otomatis mematikan Internet ketika kuota Anda terlampaui.

Untuk memperkirakan penggunaan data selama sebulan, Anda juga memiliki riwayat menggunakan berbagi internet Anda. Selain itu, ada informasi tentang aplikasi yang menggunakan sebagian besar data Internet.

Unduh konten streaming

Jika Anda ingin melakukan streaming musik melalui aplikasi Spotify dan sejenisnya, cobalah mengunduhnya. Alasannya adalah bahwa mendengarkan musik streaming seringkali akan menguras pangsa internet Anda dengan cepat.

Beberapa penyedia konten streaming tidak menawarkan fitur unduhan, tetapi ada beberapa yang melakukannya. Contohnya adalah Spotify, yang menawarkan fitur pengunduhan khusus untuk pengguna premium.

Selain musik, Anda juga dapat mengunduh aplikasi lain yang dapat diakses secara offline, seperti Google Maps dan e-book. Aplikasi YouTube Android saat ini juga menawarkan fitur untuk menonton video langsung offline tanpa koneksi internet.

Sumber: https://videomax.co

Baca juga: