Cara Pembuatan Blog/Blogspot atau Weblog

Cara Pembuatan Blog

Cara Pembuatan Blog/Blogspot atau WeblogCara Pembuatan Blog

Sebelum anda membuat Blog, terlebih dahulu anda harus mempunyai alamat E-mail. Baik dari gmail.com ataupun yahoo.com. Mengenai kata Email ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar, akan tetapi tidak sedikit pula orang yang belum tahu cara pembuatan Email bahkan mungkin ada orang yang belum tahu apa itu Email. Untuk itu, kami memaparkan terlebih dahulu mengenai cara pembuatan Email lewat gmail.com.

  1. Cara Membuat Account E-mail di Gmail

Daftar Blog di Bloger

  1. Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
  2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah ke bahasa indonesiaagar lebih mudah dipahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda (akun email anda bisa untuk Login ke Blogger).
  3. Klik tombol bertuliskan BLOG BARU.
  4. Isilah nama judul Blog serta alamat Blog yang diinginkan. Ingat dalam membuat alamat Blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan , masukan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat Blog yang tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan BLOG BARU.
  5. Silahkan pilih template yang anda sukai (template ini nanti bisa diubah lagikapan saja anda mau), kemudian klik BUAT BLOG.
  6. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING.
  7. Setelah masuk post Editor, silahkan isi apa saja (disarankan untuk langsung posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik Blogger, dan Blog anda akan diLock). Contoh : Hello World. Klik tombol pratinjau untuk melihat tampilan yang yang nanti akan muncul diblog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke Public.
  8. Ciri-Ciri Blog Secara Umum antara lain:
  9. Memiliki nama dan alamat yang bisa diakses secara online
  10. Memiliki tujuan
  11. Memiliki isi atau postingan yang berupa artikel, catatan, dan informasi lainnya
  12. Postingan atau isi Blog terarsip (tersimpan sesuai tanggal, bulan, dan tahun postingan)
  13. Isi Blog umumnya selalu bertambah atau terupdate sesuai dengan tujuan Blog

Kesimpulan

Weblog atau Blog merupakan teks dokumen, gambar, objek media dan data yang tersusun secara hierarkis dan menurut kronologi tertentu yang dapat dilihat melalui bowser internet (misalnya Internet Explorer). Secara umum Blog memiliki fitur utama, yaitu: arsip dan kotak komentar. Situs layanan penyedia Blog gratis saat ini begitu banyak diantaranya: Blogger.com, WordPress.com, Friendster.com, Banga.com, Blogdrive.com, Blogsome.com, WordPress.com, Multiply.com, Myspace.com. WordPress.com merupakan salah satu layanan yang menyediakan Blog gratis bagi penggunanya. Walaupun gratis, Blog WordPress.com tak kalah dengan WordPress Self-Hosting.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/