Converter 3DsMax menjadi Ogre

Converter 3DsMax menjadi Ogre

Converter 3DsMax menjadi Ogre

Converter 3DsMax menjadi Ogre
Converter 3DsMax menjadi Ogre

Ogre (Object-Oriented Graphics Rendering Engine) adalah sebuah adegan yang berorientasi,3D Engine fleksibel yang ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan lebih intuitif bagi pengembang untuk menghasilkan aplikasi yang menggunakan grafis 3D hardware-accelerated.

untuk membuat objek yang akan digunakan pada OGRE dapat menggunakan 3d graphics engine yang banyak dikenal seperti 3dsmax. Jika ingin membuat objek animasi 3d dengan 3dsmax, kita membutuhkan converter atau exporter karena 3dsmax tidak dapat mengeksport file .mesh sedangkan untuk menggunakan ogre dibutuhkan file berekstensi .mesh .
untuk dapat mengeksport file .mesh pada 3dsmax dibutuhkan export plugin untuk 3dsmax. di sini saya menggunakan OgreMaxSceneExporter. 
untuk menggunakannya 3dsmax harus sudah dalam kondisi terinstal.. setelah mendownload OgreMaxSceneExporter tersebut, extract terlebih dahulu. setelah itu install dengan mengklik 2x file OgreMaxSceneExporterInstaller-Win32 . maka akan muncul jendela seperti ini :
dan pilih versi 3dsmax yang sudah kita install. setelah itu klik tombol install.
jika sudah terinstal kita dapat melihatnya pada aplikasi 3dsmax seperti ini :
jika ingin mencobanya tetapi belum memiliki objek 3d, kita dapat mendownload free 3d model 3dsmax di