Definisi Kehamilan

Definisi Kehamilan

Kehamilan merupakan suatu perubahan dalam rangka melanjutkan keturunan yang terjadi secara alami, menghasilkan janin yang tumbuh didalam rahim ibu selanjutnya dapat dijelaskan tingkat pertumbuhan dan besarnya janin seusia kehamilan, pada setiap dilakukan pemeriksaan kehamilan (Sarwono prawirohardjo, 16 : 2002).

Masa kehamilan dimulai dari konsepsi sampai lahirnya janin. lama hamil normal adalah 280 hariĀ  (40 minggu atau 9 bulun 7 hari) di hitung dari haid pertama haid terakhir (di mulai dari konsepsi) sampai 6 bulan , triwulan ketiga dari bulan ke 7 sampai 9 bulan (Saifudin, 2002 : 33).

Proses terjadinya kehamilan karena bertemunya sel telur dan sel sperma maka terjadilah pembuahan (Mouchtar, 1998 : 54).

Perubahan Yang Terjadi Pada Wanit Hamil

Kehamilan menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, kebanyakan perubahan ini akan menghilang setelah persalinan, perubahan fisik yang terjadi yaitu :

  1. Perubahan jantung dan pembuluh darah

Selama kehamilan jumlah darah yang di pompa oleh jantung setiap menitnya (cardiac output, curah jantung) meningkat sampai 30-50 %. Peningkatan ini mulai terjadi pada kehamilan 6 minggu dan mencapai puncakanya pada kehamilan 16-28 minggu. Karena curah jantung meningkat, maka denyut jantung pada saat istirahat juga meningkat (dalam keadaan normal 70 kali/menit menjadi 80-90 kali/menit).

Setelah mencapai kehamilan 30 minggu, curah jantung agak menurun karena rahim yang membesar menekan vena yang membawa darah dari tungkai ke jantung. Selama persalinan, curah jantung meningkat sebesar 30% setelah persalinan curah jantung menurun sampai 15-25% diatas batas kehamilan lalu secara perlahan kembali kebatas kehamilan.

Peningkatan curah jantung selama kehamilan kemungkinan terjadi karena adanya perubahan dalam aliran darah ke rahim. Karena janin terus tumbuh, maka darah lebih banyak dikirim ke rahim ibu.

Selama kehamilan, volume darah dalam peredaran meningkat sampai 50%, tetapi jumlah sel darah merah yang mengangkut oksigen hanya meningkat sebesar 25-30 %. Untuk alasan yang belum jelas, sel darah putih (yang berfungsi melindungi tubuh terhadap infeksi) selama kehamilan pada saat persalinan dan beberapa hari setelah persalinan.

Baca juga: