Gandeng Pemkab Sinjai, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat

Gandeng Pemkab Sinjai, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat

Gandeng Pemkab Sinjai, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat

Gandeng Pemkab Sinjai, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat
Gandeng Pemkab Sinjai, IPB Kembangkan Sekolah Peternakan Rakyat

Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan di Ruang Sidang Rektor Kampus IPB Dramaga, Kamis (17/1). Kerja sama tersebut dilakukan sebagai upaya penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendayagunakan potensi sumber daya yang ada, meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor IPB, Arif Satria, menyambut baik kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai. Menurut Arif, IPB sebagai perguruan tinggi mempunyai tanggung jawab moral untuk membantu dan mendukung pembangunan di Kabupaten Sinjai.

Melalui kerja sama ini, IPB berkomitmen akan mengembangkan kerja sama

di bidang pendidikan, pertanian, perikanan, peternakan dan pengabdian pada masyarakat. Kerja sama tersebut dikelola secara terpusat oleh LPPM melalui program IPB Goes to Field (IGTF), Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dan Stasiun Lapang Agrokreatif (SLAK).

“Selain itu, IPB juga mengembangkan program Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) di seluruh Indonesia. Kerja sama tersebut dilakukan dalam bidang peningkatan kapasitas peternak, pemanfaatan ilmu dan teknologi serta penerapan bisnis kolektif,” tuturnya.

Arif menambahkan, program SPR bisa menjadi pusat pembelajaran dan penyuluhan berbasis riset. Prinsip modal sosial bisa terus dikembangkan dan menjadi solusi dari permasalahan, baik di bidang sumber daya alam, hubungan antar kelompok, hubungan peternak dengan pihak luar atau investor.

Menurut dia, Pemkab Sinjai juga bisa mengirimkan putraputri terbaiknya

untuk belajar dan kuliah di IPB dengan jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD). Jalur tersebut merupakan salah satu cara IPB mencetak sumber daya manusia unggul dalam menghadapi tantangan ke depan. Sehingga lulusan dari jalur BUD nantinya bisa pulang ke daerahnya untuk membangun dan mengembangkan serta memajukan Kabupaten Sinjai dengan ilmu yang didapat di bangku kuliah di IPB.

Sementara itu, Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, menyampaikan

bahwa kerja sama ini harus segera ditindaklanjuti dengan konkret dan nyata. IPB bisa menerjunkan dosen dan mahasiswa untuk datang serta membantu mengembangkan potensi di Kabupaten Sinjai, terutama bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan dan sumber daya manusia.

 

Sumber :

https://www.surveymonkey.com/r/B7JBJZK