Hoaks pekan ini: foto Kaesang kibarkan bendera PKI hingga surat suara dicetak

Hoaks pekan ini: foto Kaesang kibarkan bendera PKI hingga surat suara dicetak

Hoaks pekan ini foto Kaesang kibarkan bendera PKI hingga surat suara dicetak

Subdit pengendalian konten internet Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis laporan isu hoaks pekan ini.

Dalam laporan yang diterima di Jakarta, Jumat, tersebut tercatat sepuluh hoaks pekan ini.

1. Tujuh kontainer surat suara sudah dicoblos di Tanjung Priok
Pada 9 Januari, publik tengah dibuat heboh dengan isu adanya surat suara yang telah dicoblos sebanyak 7 kontainer di Tanjung Priok yang beredar sejak 2 Januari 2019.

Dikutip dari laporan hoaks dari Kominfo, Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera membantah isu tersebut dan menyatakan bahwa berita itu adalah hoaks.

Bantahan juga disampaikan oleh Komisioer KPU, Pramono Ubaid Tanthowi

mengatakan hingga saat ini belum ada surat suara untuk Pemliu 2019 yang dicetak.

2. Foto Kaesang Pangarep mengibarkan bendera PKI
Pada 9 Januari, media sosial dihebohkan dengan beredarnya sebuah foto yang menampilkan sekelompok anak muda tengah membawa sebuah bendera bergambar palu arit yang diidentikasikan dengan lambang PKI.

Dalam foto tersebut salah seorang anak muda yang berada di baris paling pinggir sebelah kanan diklaim sebagai sosok Kaesang Pangarep putra bungsu Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Faktanya, laporan Kominfo menyebutkan bahwa sosok anak muda yang

dimaksud bukanlah Kaesang Pangarep. Setelah ditelusuri ditemukan foto dengan lokasi dan latarbelakang yang sama namun dengan formasi barisan yang berbeda dari sekelompok pemuda tersebut.

3. Rekaman suara adanya potensi gempa 8 SR di Krakatau
Pada 9 Januari, sebuah rekaman suara yang menyebutkan informasi tentang adanya potensi Gempa berkekuatan 8 Skala Richter di Krakatau beredar melalui pesan WhatsApp dan membuat resah banyak masyarakat.

Menanggapi hal tersebut, pihak BMKG Kabag Humas BMKG Taufan

Maulana menegaskan bahwa rekaman audio pendek sekitar 1 menit 34 detik yang memberitahukan bahwa menurut BMKG akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau yang menghasilkan gempa dengan skala 8 SR di wilayah Lampung dalam waktu dekat adalah hoax.

 

Baca Juga :