KAPPDE Tambah Buku Buru

KAPPDE Tambah Buku Buru

KAPPDE Tambah Buku Buru

KAPPDE Tambah Buku Buru
KAPPDE Tambah Buku Buru

CIMAHI – Kantor Arsip Perpustakaan dan Pengelolaan Data Elektronik (KAPPDE) Kota Cimahi kembali melakukan pengadaan buku baru tahun 2016. Tercatat, ada 1604 judul buku yang didatangkan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Cimahi.

Kepala KAPPDE Kota Cimahi, Mumammad Ronny mengatakan, total keseluruhan buku yang didatangkan tahun 2016 ini ada 3208 eksemplar. Dari satu judul buku, setiap satu judul bukunya KAPPDE mengalokasikan dua eksemplar.

”Jumlah belanja buku 2016 adalah 1604 judul. Masing-masing judul 2 eksemplar, jadi 3208 eksemplar,” terangnya, kemarun.

Dikatakan Ronny, untuk pengadaan buku tahun 2016 ini, KAPPDE menggelontorkan dana sekitar Rp 110 juta dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016. Dengan adanya buku baru itu, total keseluruhan buku yang tersimpan di Perpustakaan Umum Kota Cimahi saat ini mencapai 19.337 eksemplar. ”Ada buku kebahasaan, politik, hukum, managemen, filsafat, buku pelajaran, kuliner, kesehatan dan lain-lain,” terang Ronny.

Dikatakannya, pengadaan buku tersebut didatangkan dari berbagai penerbit

yang ada di Indonesia. Keseluruhan buku tersebut dihimpun di Perpustakaan Umum Kota Cimahi yang terletak di Jalan Daeng Ardhiwinata, Kota Cimahi.

Perpustakaan Umum sendiri, lanjut dia, merupakan bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Cimahi melalui kantor KAPPDE dalam rangka pelaksanaan Amanat Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007.

Perihal pengunjung, setiap harinya mencapai 200 pengunjung dari berbagai kalangan, seperti pelajar dan mahasiswa. ”Jumlah pengunjung per hari sekitar 100-200 orang,” terangnya.

Sedangkan jumlah anggota resmi yang terdaftar di Perpustakaan Umum

Kota Cimahi mencapai 5.508 orang. Sementara untuk total peminjam buku mencapai 33.285 peminjam. ”Anggota setiap hari bertambah terus,” ucapnya.

Perpustakaan Kota Cimahi juga memiliki beberapa fasilitas canggih yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Selain buku bacaan, juga terdapat fasilitas layanan internet gratis dan area hotspot.

Selain itu, ada beberapa kegiatan yang biasanya digelar Perpustakaan

Umum Kota Cimahi, seperti workshop berbasis bahan pustaka, sosialisasi program Cimahi Reading Habit (CRH), bedah buku, lomba bercerita, Jambore Cimahi Reading Habit, lomba perpustakaan sekolah serta layanan mobil perpustakaan keliling. (bun/asp)

 

Baca Juga :