Khasiat Temulawak (Curcuma Xanthorhiza) Untuk Kesehatan

Khasiat Temulawak (Curcuma Xanthorhiza) Untuk Kesehatan

Khasiat Temulawak (Curcuma Xanthorhiza) Untuk KesehatanKhasiat Temulawak (Curcuma Xanthorhiza) Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tau dengan tanaman yang satu ini, “Temulawak (Curcuma Xanthorhiza)” jenis tumbuhan rimpang yang memiliki segudang khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan senyawa Kurkumin dan Xanthorrizol temulawak mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Khasiat temulawak selama ini sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan, baik untuk pengobatan maupun untuk sekedar menunjang kesehatan tubuh kita.
Temulawak memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza yang merupakan tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan, tanaman ini asli dari indonesia, khususnya dari pulau Jawa. Namun seiring perkembangan zaman dimana banyaknya manfaat temulawak sehingga tanaman ini juga dapat ditemukan dikawasan asia tenggara lainnya seperti China, Inida, Jepang dan Korea.
Dari dahulu Temulawak memang sering dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional maupun moderen. Berikut merupakan kandungan temulawak yang sangat berguna untuk kesehatan tubuk kita.

Berikut ini merupakan zat yang terkandung dalam Temulawak yang berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Pati 48,18% – 59,64% ( Membantu proses metabolisme tubuh)
Protein 29,00% – 30,00%
Abu 5,26% – 7,07%
Serat 2,58% – 4,83 (Memulihkan kebugaran badan)
Kurkumin 1,60% – 2,20% (Dapat melancarkan proses pencernaan)
Minyak Asiri 6,00% – 10,00% (Dapat meningkatkan fungsi ginjal)
Phelandren (Membantu melancarkan pengeluaran toksin tubuh melalui air seni)
Kamfer
Turmerol ( Mambantu proses metabolisme tubuh)
Borneol (Membantu memulihkan kesehatan tubuh akibat penyakit)
Sineal
Xanthorrizol
Berikut adalah manfaat dari Temulawak bagi tubuh kita
Temulawak dipercaya dapat melancarkan ASI bagi para ibu yang sedang menyusui. Kandungan senyawa Kurkumin dan Xanthorrizol mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan memicu hormon penghasil asi. Adapun cara pengolahannya adalah sebagai berikut: 20grm rimpang temulawak dicuci bersih dan kemudian diparut dan diambil sari (air) dengan cara diperas dan disaring, kemudian direbusa sampai mendidih, setelah itu didinginkan. Agar lebih terasa enak campurkan 2 sendok makan madu, ramuan ini diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
Sebagai antioksidan Temulaak dipercaya sebagai antioksidan yang mampu memelihara kesehatan tubuh serta mampu mengatasi radikal bebas yang menyerang tubuh.
Panasea (Menurunkan kolestrol) Temulawak dapat menurunkan lemak darah dengan adanya kandungan kurkuminoid di dalam temulawak. Dan juga pada fraksi kurkuminoid mampu menurunkan trigliserida, kadar kolesterol total serta mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).
Temulawak juga dapat merangsang nafsu makan disebabkan oleh adanya efek dari minyak atsiri yang memiliki sifat karminativum.
Manfaat temulawak memiliki kemampuan menjaga kesehatan fungsi hati dikarenakan dalam temulawak mengandung kalagoga yang berfungsi untuk mengatur produksi cairan empedu dalam hati serta merangsang pengosongan kandung empedu.
Temulawak juga dipercaya dapat menyembuhkan nyeri haid.
Temulawak memiliki kemampuan mengobati jerawat.
Manfaat temulawak dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah karena dalam temulawak mengandung kurkumin yang berfungsi menghambat pembentukan tromboksan B-2 yang merupakan senyawa yang memiliki fungsi sebagai penggumpal darah.
Temulawak bermanfaat untuk mengurangi radang sendi serta nyeri, hal tersebut dikarenakan adanya kandungan kurkumin sebagai antiradang yang dapat mengurangi nyeri serta radang sendi.
Khasiat temulawak juga memiliki kemampuan mamperbaiki fungsi pencernaan.

RECENT POSTS