Kuliah diluar kota? Boleh juga!

Kuliah diluar kota Boleh juga

Kuliah diluar kota? Boleh juga!

Kuliah diluar kota Boleh juga
Kuliah diluar kota Boleh juga

Banyak alasan mengapa seseorang lebih memilih perguruan tinggi diluar kota. Pertama, karena perguruan tinggi tersebut menawarkan program studi yang ia minati dengan kualitas terbaik di Indonesia. Kedua, karena di kota tempat tinggalnya tidak tersedia program studi yang diinginkan, sehingga mau tidak mau demi mengejar cita-cita, ia harus pergi ke kota lain. Ketiga, karena selain tujuannya belajar, ia juga ingin merasakan pengalaman baru, sekaligus melatih kemandirian. Apapun alasannya, kuliah di luar kota sudah menjadi hal yang lumrah.

Sebenarnya, apa untungnya pergi jauh-jauh keluar kota untuk kuliah? Yang pasti, dengan tinggal jauh dari orang tua, kamu belajar hidup mandiri. Kamu belajar mengatur keuangan dan mengatur waktu. Dan kamu berkesempatan merasakan pengalaman yang tidak bisa ditemukan di kampung halamanmu. Menghadapi segala sesuatu yang serba baru dan berbeda membutuhkan penyesuaian. Dan ini bisa makan waktu yang tidak sebentar. Jadi, jika kamu memutuskan untuk kuliah diluar kota, siapkan dirimu sebaik-baiknya.

Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum memutuskan untuk kuliah di luar kota:
1. Banyak bertanya kepada orang yang pernah kuliah di kota lain.
2. Lakukan survey lapangan dengan datang berkunjung ke kota tujuanmu.
3. Cara tahu kebiasaan dan adat istiadat penduduk setempat.
4. Hitung berapa biaya yang kamu perlukan setiap bulannya.
5. Kumpulkan informasi pondokan atau kos yang nyaman namun harganya cocok dengan kantongmu.

Dan untuk yang satu ini penting untuk diperhatikan, kalau perlu jadikan prioritas utama sebelum memutuskan kuliah di luar kota. Yaitu cari lokasi tempat kos yang tidak terlalu jauh dari kampus. Usahakan jaraknya cukup dekat untuk ditempuh dengan jalan kaki. Dengan begitu bisa sedikit menghemat biaya transportasi, sekaligus berolahraga.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/12236-definisi-koperasi-konsumsi-dan-koperasi-produksi