Pendidikan Karakter dan Implementasi Di Masyarakat

Pendidikan Karakter dan Implementasi Di Masyarakat

Pendidikan adalahusaha sadar dan terencana dengan destinasi untuk memanusikan manusia. Nah mungkin kamu bingung dengan kalimat di atas, anda kan telah terlahir sebagai insan mengapa saya dan anda butuh diberi edukasi lagi guna menjadi manusia. Perlu kamu tahu insan itu bertolak belakang dengan hewan, andai hewan dapat mengandalkan insting maka insan tidak. Manusia yang sesungguhnya ialah manusia yang dididik dengan baik sampai-sampai mempunyai karakter, sikap, perilaku, akhlak yang baik sampai-sampai ia dapat menjadi insan yang berguna untuk dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Nah karakter sendiri adalahsifat batin atau sifat yang tertanam dalam diri seseorang yang memprovokasi segenap pikiran, perbuatan, dan sikap seseorang dalam hidupnya.

Karakter ini terbentuk semenjak kecil tetapi dapat terlihat sesudah ia dewasa, yakni terlihat saat ia telah terjun di masyarakat. Jadi, Pendidikan karakter tersebut sendiri adalahsebuah proses yang dilaksanakan untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada anak/ seseorang dengan tujuan supaya karakter tersbut melekat dengan baik dalam dirinya. Agar segala tindak-tanduk perbuatannya cocok dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat dan bermanfaat baik untuk dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Pendidikan karakter guna di abad 21 ini menjadi sangat urgen atau urgen. Mengapa urusan ini disebabkan di Indonesia sendiri sedang marak terjadi degradasi (penurunan) moral. Hal ini tampak dari banyaknya permasalahan korupsi, angka seks bebas yang bertambah tajam, kriminalitas, pemerkosaan, judi, tawuran, narkoba, dan masih tidak sedikit lagi.

Salah satu hal yang menyebabkna urusan ini terjadi ialah kurangnya nilai-nilai karakter yang dipunyai oleh masing-masing individu. Mereka tidak mempunyai karakter yang baik dalam dirinya, melulu sekedar tahu karakter yang baik tersebut apa saja namun belum dapat menerapkannya. Oleh karena tersebut seperti anda tahu semenjak tahun 2013 yang kemudian pemerintah mulai menggalakn edukasi karakter, sebab memang karakter tersebut sangat penting. Karakter yang baik yang dipunyai seseorang bakal menilai kualitas ia saat terjun di masyarakat. Nah, laksana telah dilafalkan bahwa karakter tersebut sangat penting atau penting, maka paling perlu karakter tersebut ditanamkan untuk anak semenjak dini.

Seperti anda tahu nilai-nilai karakter yang anda kenal tersebut jumlahnya terdapat 18 yaitu, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis,rasa hendak tahu, motivasi kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Nah seluruh karakter tersebut tidak lumayan hanya diluncurkan sehingga anak tau tapi butuh ditanamkan supaya tertanam dalam diri anak.

Sumber : http://service.simpleweb.jp/tt/www.pelajaran.co.id/