Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Penerapan Metode Pembelajaran Simulasi Dengan Menggunakan Media Audio Visual

Menurut penulis penerapan metode simulasi yang merupakan

salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok. Yang mana dalam kegiatan pembelajaran metode simulasi ini siswa berpura-pura atau berbuat seolah-olah atau tiruan seperti yang sebenarnya. Dalam hal ini akan lebih mempengaruhi pemahaman dan pengertian siswa akan pelajaran yang disampaikan kepadanya.

Penggunaan media audio visual sangat membantu seorang pendidik dalam mengarahkan siswanya sebelum melakukan simulasi. Media audio visual ini menayangkan gambar bergerak dan mengkomunikasikan informasi pengetahuan yang menggambarkan tentang bagaimana sebuah proses atau prosedur berlangsung.

Dalam pembelajaran IPS penulis mengambil sebuah contoh dlam pembelajaran IPS tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia pada kelas V SD. Tentunya peristiwa interaksi dengan lingkungan ini  sering dilakukan siswa, untuk itu dengan menggunakan metode simulasi peserta didik akan lebih mudah memahami bagaimana interaksi dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi.

Adapun langkah-langkah yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS di SD/MI dengan menggunakan metode simulasi dan media Audio Visual yang berkaitan dengan interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia.

  1. Seorang pendidik menetapkan topi simulasi yang diarahkan. Contohnya peragaan yang akan dilakukan tentang interaksi dengan lingkungannya.
  2. Guru membentuk suatu kelompok  dan topik-topik yang akan ditiru setiap kelompok yang telah ditentukan.
  3. Simulasi diawali dengan petunjuk dari guru tentang prosedur, teknik dan peran yang akan dimainkan. Dalam hal ini guru dapat memutar video visual tentang interaksi dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia. Agar peserta didik memahami jenis-jenis interaksi yang akan di lakukan, teknik dan peran yang akan dimainkan.
  4. Pengamatan terhadap proses, peran, teknik, dan prosedur dapat dilakukan melalui diskusi. Kelompok yang bermain peran memperagakan peran interaksi, sedangkan kelompok yang lain memperhatikan mendiskusikan nya.
  5. Kesimpulan dan saran dari kegiatan simulasi. Peserta didik memberikan  kesimpulan dan saran dari pelajaran tersebut, yang kemudian disimpulkan kembali oleh guru.

Baca Juga :