Pengertian Peran

Pengertian Peran

Table of Contents

Pengertian Peran

Pengertian Peran

Peran adalah

suatu sikap atau perilaku yang diharapkan oleh banyak orang terhadap seseorang yang mempunyai status atau kedudukan tertentu. Kerap istilah peran diucapkan yang pada umunya, kata peran didefenisikan sebagai posisi atau kedudukan seseorang.

Selain itu terkadang peran diartikan sebagai “apa yang dimainkan” oleh seorang aktor dalam suatu drama, teater atau bahkan film. Hal itu lantaran, mungkin saja beberapa dari sebagian masyarakat tidak mengetahui bahwa kata peran atau “role” diambil dalam bahasa Inggris yaitu dari “dragmaturgyatau seni teater”. Dalam hal seni teater, seorang aktor akan diberikan suatu peran yang perlu untuk dimainkan sesuai dengan plot-nya, alur ceritanya dan juga pada macam-macam lakonnya.

Peran adalah suatu rangkaian yang dilakukan secara sistematis yang ditimbulkan karena suatu jabatan. Manusia bercirikan sebagai makhluk sosial mempunyai kecenderungan untuk hidup berkelompok. Dalam kehidupan berkelompok tadi akan terjadi interaksi antara anggota masyarakat yang lainnya.

Dalam sejarah (histories), peran sebuah konsep yang berawal dari kalangan yang mempunyai keterkaitan dengan drama atau teater yang hidup subur sejak zaman Yunani Kuno atau Romawi. Maksud dari hal demikian, dapat diartikan bahwa peran berarti karakter yang disanding atau dibawakan oleh seseorang actor dalam sebuah pentas dengan lakon tertentu. Tidak hanya itu, pengertian peran menurut ilmu sosial. Berarti suatu fungsi yang dibawakan seseorang ketika menduduki jabatan tertentu, seseorang dapat memainkan fungsinya karena posisi yang didudukinya tersebut.

Berdasarkan dari beberapa pengertian di atas dapa penulis simpulkan bahwa peran adalah sebuah konsep yang berawal dari ranah seni teater yang merupakan suatu sikap atau perilaku yang diharapkan seseorang terhadap kedudukan atau jabatan seseorang. Jika diakaitkan ke ranah pendidikan khusunya pembelajaran yang sesuai dengan judul penulis “peran” dapat diartikan sebagai suatu sikap atau dampak dari sutu objek yang diharapkan memberikan suatu dampak positif terhadap suatu hal berdasarkan kedudukan dan jabatannya. Seperti judul penulis yakni peran media komik dalam pembelajaran IPS maka peran disini dapat diartikan sikap/dampak positif yang diharapkan ditimbulkan oleh media komik terhadap pembelajaran IPS karena kedudukannya sebagai alat bantu pembelajaran.

Ciri-ciri dari peran itu sendiri menurut Anderson Carter adalah sebagai berikut:

  1. Terorganisasi. Maksud dari hal ini adalah adanya interaksi.
  2. Terdapat perbedaan dan kekhususan.
  3. Selain itu adanya keterbatasan dalam menjalankan tugas dan fungsi.

    Sumber: https://urbanescapesusa.com/jet-truck-racing-apk/