Perbandingan Ekonomi Islam Dengan Ekonomi Kapitalis dan Sosialis

Perbandingan Ekonomi Islam Dengan Ekonomi Kapitalis dan Sosialis

Perbandingan Ekonomi Islam Dengan Ekonomi Kapitalis dan Sosialis

Perbandingan Ekonomi Islam Dengan Ekonomi Kapitalis dan Sosialis

Kapitalisme merupakan suatu sistem ekonomi yang secara jelas ditandai oleh berkuasanya “kapital”.[10] Ciri dari sistem ekonomi adalah bukan ekonomi yang tersentral dan setiap individu memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan ekonomi tanpa dibatasi oleh pemerintah. Secara lebih detail berikut adalah ciri dari ekonomi kapitalisme:

  1. Ia menganggap ekspansi kekayaan yang dipercepat, produksi maksimum dan pemuasan “keinginan” sesuai dengan preferensi individu sebagai sesuatu yang sangat penting untuk kesejahteraan manusia.
  2. Ia menganggap kebebasan individu tanpa batas untuk mencari kekayaan pribadi dan untuk memiliki dan mengatur kepemilikan pribadi (private property) sebagai sebuah keharusan bagi inisiatif individu.
  3. Ia mengansumsikan inisiatif individu bersama dengan pengambilan keputusan yang terdesentralisasi dalamm operasi pasar bebas sebagai syarat yang mencukupi untuk mewujudkan efisiensi optimum pengalokasian sumber daya.
  4. Ia tidak mengakui perlunya peranan penting pemerintah atau pertimbangan-pertimbangan nilai kolektif baik dalam efisiensi alokasi maupun keadilan distribusi

Sosialisme adalah ‘alianse’ atau keterasingan yang timbul dalam suatu masyarakat kapitalis sebagi akibat dari eksploitasi kaum proletar oleh kaum borjulis.[11] Setiap individu tidak memiliki kuasa atas kepemilikan dan segala sistem bersifat terpusat. Berikut ini adalah ciri dari sistem ekonomi sosialis:

  1. Penghapusan milik pribadi atas alat produksi.
  2. Sifat dan luasnya industri dan produksi mengabdi kepada kebutuhan sosial dan bukan kepada motif laba.
  3. Dalam kapitalisme daya penggerak adalah laba pribadi. Hal ini akan digantikan oleh motif pelayanan sosial.[12]

Sementara itu sistem ekonomi Islam menganut keduanya dan hanya mengambil sisi positif dari kedua sistem ekonomi yang telah dijelaskan di atas. Berikut adalah perbandingan antara sistem ekonomi Kapitalisme, Sosialisme, dan Islam:

Sumber :

https://callcenters.id/