Review XNXUBD 2018 Nvidia Video GeForce GTX 580

Nvdia mengalami masalah signifikan dalam merilis GPU pertama berbasis GF100 Fermi pada bulan Maret, dengan penundaan peluncuran yang memungkinkan ATI menguasai medan pertempuran DX11 selama sekitar enam bulan. Itu tidak membantu bahwa ketika GeForce GTX 480 1.5GB benar-benar menemukan jalannya ke rig pengujian kami, itu tidak cukup cepat untuk harganya, dan juga menjadi panas, keras dan menghabiskan terlalu banyak daya. Betapa berbedanya beberapa bulan, karena GeForce GTX 580 1.5GB baru menyelesaikan semua masalah ini.

Review Nvidia GeForce GTX 580

Nvidia GeForce GTX 580 1.5GB baru adalah kartu yang lumayan, tapi masih panjangnya hanya 10.5 inci

Kami membiarkan analisis kinerja XNXUBD 2018 Nvidia Video GeForce GTX 580, XNXUBD 2019 Nvidia Video GeForce GTX 580 dan XNXUBD 2020 Nvidia Video GeForce GTX 580 1,5GB hingga setelah tolok ukur, dan sebagai gantinya berbicara tentang peningkatan yang diterima GPU dan kartu referensi pada halaman ini dan selanjutnya.

Peningkatan GPU

Sementara Nvidia telah membuat langkah yang jelas untuk membuka SM 16th dan terakhir (Streaming Multiprocessor, atau ‘stream processor cluster’ dalam terminologi netral) dari arsitektur GF100 untuk GeForce GTX 580 1.5GB, nama kode GF110 yang baru mengungkapkan bahwa ini bukan perubahan sepenuhnya. Perbedaan paling signifikan antara GF110 dan GF100 adalah penggunaan nilai transistor yang berbeda.

Biasanya GPU akan menggunakan transistor switching tercepat untuk mencapai frekuensi setinggi mungkin, tetapi transistor ini juga yang paling bocor, menghasilkan konsumsi daya yang lebih tinggi dan lebih banyak limbah panas. Dengan desain GF110, Nvidia telah menggunakan transistor yang lebih sedikit bocor untuk area non-kinerja-kritis dari GPU, sehingga menurunkan daya keseluruhan chip.

Review Nvidia GeForce GTX 580
klik untuk memperbesar

GTX 580 1.5GB baru membutuhkan banyak daya

Namun, transistor hemat daya – meskipun memiliki kecenderungan perpindahan yang lebih lambat – tidak menyebabkan frekuensi GPU yang lebih rendah untuk GeForce GTX 580 1.5GB. Inti GPU GTX 580 1.5GB beroperasi pada 772MHz daripada 700MHz dari GeForce GTX 480 1.5GB, dengan 512 stream processor yang bekerja pada 1.544MHz daripada 1.400MHz.

Nvidia juga menambahkan pemantauan suhu dan daya ke GeForce GTX 580 1.5GB melalui dua chip tambahan pada kartu tersebut. Ini berarti jika GPU atau VRM kartu menjadi terlalu panas atau mencoba menarik lebih banyak daya daripada yang aman, GPU akan turun untuk menghindari kerusakan pada perangkat keras.

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan tentang teknologi manajemen daya ini, yang pertama adalah karena teknologi ini diaktifkan oleh dua chip terpisah di kartu – mitra papan dapat memilih untuk tidak menggunakannya untuk menurunkan biaya kartu mereka. Kedua, GPU tidak akan meningkat dalam frekuensi jika daya atau suhu lebih rendah dari maksimum – teknologinya lebih mirip dengan SpeedStep Intel daripada Turbo Boost. Terakhir, pemantauan ini berbasis perangkat lunak dan saat ini hanya mendeteksi OCCT dan versi terbaru FurMark. Ini berarti bahwa uji tarikan panas atau daya apa pun yang menggunakan aplikasi ini tidak akurat, tetapi karena kami menggunakan 3DMark06 untuk menekankan GPU, angka kami sempurna.

Review Nvidia GeForce GTX 580
klik untuk memperbesar

GPU baru, dikelilingi oleh chip memori dan fase daya

Meskipun penerapan pemantauan daya khusus perangkat keras mungkin lebih disukai – itu akan otomatis, berdasarkan penarikan daya aktual atau suhu komponen, dan tidak bergantung pada interaksi pengemudi – Nvdia mengatakan bahwa sebenarnya penerapan berbasis perangkat lunak memiliki lebih banyak keuntungan . Ini memungkinkan Nvidia menjadi lebih fleksibel, membiarkan Nvidia menambahkan aplikasi tambahan yang menurutnya sangat haus daya. Namun, opsi untuk menonaktifkan pemantauan daya tidak terekspos pada driver, sehingga overclocker ekstrem dan siapa pun yang ingin memverifikasi bahwa kartu mereka berfungsi dengan baik dan tidak terlalu panas harus berhati-hati.

Terlepas dari SM yang tidak terkunci, GPU telah melihat kemampuan fp16 presisi tinggi meningkat, yang diklaim Nvidia meningkatkan kinerja sebesar 4-12 persen saja. Kami melihat arsitektur Fermi yang dirubah dan penuh lemak di halaman berikutnya.

Baca juga: