Sejarah Tari Gatotkaca

Sejarah Tari Gatotkaca

Sejarah Tari Gatotkaca

Sejarah Tari Gatotkaca

Tari Gatot Kaca merupakan

tarian khas Mangkunegara yang terkenal di dunia internasional. Tarian ini mengggambarkan kisah tentang Mahabarata Partakrama. Dalam tarian tersebut, menampilkan Gatotkaca yang berperang dengan Dadung Awuk. Pada tahun 1889, tarian gatutkoco ini pernah di pentaskan dalam pembukaan Menara Eiffel. Oleh karena itu, tarian Gatot koco ini memang sudah go internasional.

Untuk kedua kalinya, Tari Gatot Koco di mainkan di Perancis saat acara perayaan 100 tahun Menara Eiffel. Tepatnya pada tahun 1989. Seorang koreografer dari Sanggar Tari Surya Sumirat yang bernama Gusti Heru mengatakan bahwa Tari Gatot koco juga akan di tampilkan pada acara pergelaran Mangkunegaran Performing Art 2010. Dengan begitu, tari gatut koco akan semakin populer dan di kenal oleh masyarakat manca negara.

Karena keindahan dan gerakan yang dinamis, membuat orang suka melihat tarian Gatot koco. Tarian ini sebenarnya tercipta pada masa era KGPAA Mangkunegara V. Awalnya di tarikan di area keraton. Namun sekarang Tari Gatit Koco sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan sudah Go Internasional loo. Sebagai penduduk Indonesia sepatutnya Anda merasa bangga dengan Indonesia. Yuk simak juga Sejarah Asal Usul Tari Kalimantan. Semoga dengan membaca artikel kami, Anda bisa menjaga dan melestarikan kesenian tersebut.


Sumber: https://duniabudidaya.co.id/super-moon-terjadi-3-desember-malam/