Tekstur

Table of Contents

Tekstur

Tekstur adalah kesan halus atau kasarnya sesuatu  permukaan benda. Pada sebuah gambar, tekstur ini ditampilkan melalui teknik goresan alat gambar pada bidang gambar secara khas. Benda yang terbuat dari kayu, logam, kaca atau gerabah, memiliki rasa permukaan (tekstur) yang berbeda. Bagaimana menggambarkan kasarnya pot bunga dari gerabah, halusnya poci keramik, dengan alat pensil misalnya, perlu dilatih dan dipelajari.

Secara teoritis, terdapat dua macam tekstur, yakni tekstur taktil dan tekstur visual. Tekstur taktil adalah tekstur nyata yang dapat dirasakan dengan menyentuhnya. Misalnya: tekstur kulit jeruk, cetakan embose, dan sebagainya. Tekstur visual adalah tekstur pura-pura atau tekstur simulasi yang timbul akibat ilusi rangkaian gambar.

Pengertian Seni Rupa

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

Cabang – Cabang Seni Rupa

  1. Seni rupa murni
  2. Desain
  3. Kriya

Pengelompokan Seni Rupa

  1. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan religious
  2. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan magis
  3. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan simbolis
  4. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan estetis
  5. Karya seni rupa yang dibuat dengan tujuan komersial

 Unsur – Unsur Seni Rupa

  1. Garis
  2. Bidang
  3. Bentuk
  4. Warna
  5. Komposisi
  6. Tekstur

Baca juga: