Transmisi Suku Bunga Mekanisme 1

Transmisi Suku Bunga Mekanisme 1

Transmisi Suku Bunga Mekanisme 1

Transmisi Suku Bunga Mekanisme 1
Transmisi Suku Bunga Mekanisme 1

Perubahan suku bunga BI Rate mempengaruhi perekonomian makro melalui perubahan harga aset. Kenaikan suku bunga akan menurunkan harga aset seperti saham dan obligasi sehingga mengurangi kekayaan individu dan perusahaan yang pada gilirannya mengurangi kemampuan mereka untuk melakukan kegiatan ekonomi seperti konsumsi dan investasi.

Gambar diatas menggambarkan pengaruh tingkat suku bunga terhadap keputusan untuk meminjam, dari sisi individu dan perusahaan.

Dari segi Individu, keputusan untuk meminjam dapat berupa kredit atau loans (hutang jangka panjang). Pinjaman tersebut ,kemudian digunakan masyarakat atau individu sebagai konsumsi. Contohnya konsumsi untuk membeli rumah, tanah, dan mobil.
Dari segi Perusahaan, tingkat suku bunga mempengaruhi keputusan perusahaan untuk membuat pinjaman baru (New Loans), atau menambah pinjaman lama (Existing Loans). Apabila mereka memutuskan untuk membuat pinjaman baru mereka akan menggunakan untuk investasi. Jika memutuskan untuk menambah pinjaman lama , pinjaman tersebut akan digunakan untuk menutup kekurangan biaya, menambah keuntungan dan memberikannya ke pegawai, dan pegawai menggunakan untuk konsumsi.
Perusahaan pada dasarnya memiliki dua pilihan dalam meminjam uang dengan memperhatikan tingkat suku bunga :

Bank
Jika perusahaan meminjam uang ke Bank maka wajib membayar bunga

Pasar Modal
Perusahaan ke pasar modal untuk mencari dan dengan menjual saham & obligasi serta mendapatkan dividen & diskonto.

Sumber : http://pressreleaseping.com/pressrelease/275573.html