ULASAN SAMSUNG GALAXY NOTE10 LITE: HANYA UNTUK MEREKA YANG MENGINGINKAN S PEN DENGAN ANGGARAN TERBATAS, ORANG LAIN MENCARI DI TEMPAT LAIN

ULASAN SAMSUNG GALAXY NOTE10 LITE HANYA UNTUK MEREKA YANG MENGINGINKAN S PEN DENGAN ANGGARAN TERBATAS, ORANG LAIN MENCARI DI TEMPAT LAIN

ULASAN SAMSUNG GALAXY NOTE10 LITE: HANYA UNTUK MEREKA YANG MENGINGINKAN S PEN DENGAN ANGGARAN TERBATAS, ORANG LAIN MENCARI DI TEMPAT LAIN

 

ULASAN SAMSUNG GALAXY NOTE10 LITE HANYA UNTUK MEREKA YANG MENGINGINKAN S PEN DENGAN ANGGARAN TERBATAS, ORANG LAIN MENCARI DI TEMPAT LAIN
ULASAN SAMSUNG GALAXY NOTE10 LITE HANYA UNTUK MEREKA YANG MENGINGINKAN S PEN DENGAN ANGGARAN TERBATAS, ORANG LAIN MENCARI DI TEMPAT LAIN
Bahkan belum dua bulan sejak 2020 dan Samsung telah meluncurkan enam ponsel sejauh ini: S10 Lite dan Note10 Lite pada bulan Januari, diikuti oleh flagships S20, S20 Plus dan S20 Ultra awal bulan ini, dan baru-baru ini, Galaxy A71 . Sementara seri S20 mengikuti kalender peluncuran Samsung yang biasa, S10 Lite dan Note10 Lite muncul entah dari mana. S10 Lite jelas merupakan respons terhadap hegemoni merek smartphone Cina yang tumbuh di segmen sub-40k seperti OnePlus. Note10 Lite, di sisi lain, tampaknya lebih merupakan tambahan daftar yang membingungkan.
Izinkan saya menjelaskan.
Jajaran seri Note Samsung selalu menjadi target pengguna bisnis, apa dengan layarnya yang besar, kehadiran S Pen dan baterai yang tahan lama. Selama bertahun-tahun, Samsung telah meningkatkan kecerdasan gaya pada seri Note juga dengan tampilan tepi melengkung. Note10 dan Note10 + diluncurkan pada paruh kedua 2019, di mana lagi, Samsung melepaskan diri dari tradisi meluncurkan hanya satu varian Note. Dengan Note10 Lite, sekarang ada varian ketiga, dan terus terang, saya tidak bisa memikirkan alasan lain selain dari itu Samsung mencoba melakukan apa yang dilakukannya dengan segmen anggaran – mengisi kategori dengan produk yang berbeda di seluruh kurung harga.
 Ulasan Samsung Galaxy Note10 Lite: Hanya untuk mereka yang menginginkan S Pen dengan anggaran terbatas, orang lain mencari di tempat lain
Di bagian depan, Note10 Lite menampilkan layar Infinity O 6,7 inci dengan speaker lubang suara hadir di celah tepat di atas kamera selfie.
Mengingat ini adalah Note10 yang lebih murah, inilah yang hilang: kaca belakang, tahan air, pengisian nirkabel, tampilan refresh rate tinggi, dan chipset flagship gen terkini (ini menjalankan chip Exynos yang lebih lama). Jadi, apakah Note 10Lite hanya dimaksudkan sebagai varian anggaran saudara kandungnya, yang ditujukan untuk menarik pembeli baru ke S Pen? Atau ada sesuatu yang lebih dari itu? Inilah yang saya pelajari.
Bahasa desain sangat mirip dengan S10 Lite
Bahasa desain Samsung Galaxy Note10 Lite tidak jauh berbeda dari Galaxy S10 Lite. Ini juga menggunakan glastic (campuran plastik dan kaca) di bagian belakang perangkat. Tetapi dibandingkan dengan S10 Lite, modul kamera persegi panjang pada Note 10 Lite hampir rata dengan bagian belakang. Ini adalah ponsel yang lebih tebal. Pegangan ditingkatkan berkat lekukan glastik di sekitar tepi.
Di bagian depan, Anda memiliki layar Infinity O 6,7 inci dengan speaker lubang suara hadir di celah tepat di atas kamera selfie. Bezelnya juga sangat tipis. Muncul dalam tiga warna Aura Red (yang saya review), Aura Glow dan Aura Black.
Galaxy-note-10lite-1280
Dibandingkan dengan S10 Lite, modul kamera persegi panjang pada Note 10 Lite hampir rata dengan bagian belakang.
Ponsel ini memiliki bingkai logam mengkilap dengan power / standby dan volume rocker di tepi kanan, baki dual SIM hybrid di sisi kiri, dan tepi atas bersih. Pangkalan ini memiliki port pengisian dan transfer data USB Type-C, kisi-kisi speaker, jack audio 3,5 mm di sisi kiri, dan Galaxy S Pen di kanan yang mendukung gerakan udara dan dilengkapi dengan top yang dapat diklik yang sama yang dapat dikustomisasi untuk melakukan fungsi tertentu. Muncul dengan ujung 0,7 mm dan tingkat tekanan 4.096. Tombol di sepanjang S Pen dapat diprogram untuk mengontrol tindakan tertentu dengan penekanan tunggal dan ganda.
Seperti S10 Lite, tidak ada peringkat IP untuk perlindungan debu dan air di sini. Ponsel ini lebih tebal, kemungkinan besar dirancang sedemikian rupa untuk mengakomodasi S Pen, rasanya hebat di tangan dan tidak terlalu licin. Berkat penggunaan plastik di bagian belakang, sangat rentan terhadap goresan dan berhasil mengumpulkan banyak noda. Operasi satu tangan dimungkinkan tetapi tidak diinginkan. Secara keseluruhan, ini adalah desain yang menyenangkan dan terlihat seperti saudara muda dari Note10 andalan.
Spesifikasi
Layar: Super AMOLED 6,7 inci
Resolusi: 1.080 x 2.400 piksel (395 PPI)
Chipset: Exynos 9810
CPU: Octa-core (CPU Mongoose M3 4x 2,7 GHz dan CPU Cortex-A55 4x 1,7 GHz)
GPU: Mali G72 MP18
RAM: 8 GB
Penyimpanan: 128 GB
OS: Android 10 dengan antarmuka One UI 2
Kamera belakang: 12 MP primer (f / 1.7) dengan piksel 1,4 mikron dan telefoto OIS + 12 MP (f / 2.4) dengan piksel 1 mikron dan ultrawide OIS + 12 MP (f / 2.2)
Kamera depan: 32 MP dengan piksel f / 2.2 dan 0.8 mikron
Kapasitas Baterai: 4,500 mAh
Soket audio: Ya
Tampilan terus bersinar
Datang dari meninjau Samsung Galaxy S10 Lite, spesifikasi tampilan pada Note10 Lite adalah sama: layar Super AMOLED 6,7 inci dengan resolusi 1.080 x 2.400 piksel yang menawarkan kerapatan piksel 395 PPI dengan rasio aspek 20: 9.
Sebagian besar pengamatan saya tidak jauh berbeda dari apa yang saya alami di S10 Lite. Layar Super AMOLED memastikan kontras yang hebat, layar bisa menjadi sangat cerah dan tidak ada perubahan warna saat Anda melihatnya dari sudut. Keterbacaan sinar matahari juga merupakan kedudukan tertinggi. Kecerahan otomatis bukan yang terbaik dan sepertinya beralih level secara acak, yang bisa sangat menjengkelkan ketika mencoba membaca atau melakukan sesuatu dengan telepon. Hal-hal hanya dapat ditoleransi ketika saya menonaktifkan fitur. Mudah-mudahan, ini hanya bug kecil yang akan diperbaiki pada pembaruan yang akan datang. S10 Lite tidak memiliki masalah ini.
Responsif terhadap stylus sangat bagus dan saya menyukai penolakan palm yang ditawarkan yang memungkinkan Anda mencatat dengan mudah.
Saya menikmati menonton konten HDR di Netflix dan YouTube di Note 10 Lite. Kualitas gambar luar biasa dan meskipun layarnya mengkilap, visibilitas pemandangan yang lebih gelap tidak mengubah layar menjadi cermin. Layar Infinity O tidak mengganggu tampilan konten video seperti itu.
Anda dapat mengatur tampilan agar tampak alami atau jika Anda menyukai warna yang menonjol, atur menjadi jelas. Mode alami adalah apa yang saya terjebak.
Saya tidak berpikir kecepatan refresh 90 Hz atau 120 Hz benar-benar penting untuk jenis audiens yang ditargetkan Note 10, jadi kecepatan refresh 60 Hz baik untuk sebagian besar kasus penggunaan di sini.
Kinerja dan Perangkat Lunak
Dengan S10 Lite, Samsung menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855, yang meskipun sudah berumur satu generasi, adalah contoh pertama Samsung menawarkan chipset Qualcomm pada ponsel seri S di India. Note10 Lite hadir dengan chipset Exynos 9810, yang berusia dua generasi dan terakhir terlihat pada Note 9.
galaxy-note10-lite
S Pen pada Note10 Lite menawarkan banyak fitur yang sama yang pernah dilihat pada seri Note 10.
Saya agak bingung dengan pilihan ini jujur. Setuju, itu masih chipset yang kuat, tetapi mengapa pergi dengan chipset dua tahun ketika Anda baru saja meluncurkan perangkat lain dengan yang lebih kuat?
Skor benchmark sesuai dengan Note 9. Geekbench 5 memberikan skor 703 untuk single core dan 2.039 untuk multi-core masing-masing dibandingkan dengan 739 dan 2.675 untuk Galaxy S10 Lite, yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 855. Sementara ini mungkin terlihat seperti banyak, dalam hal penggunaan kehidupan nyata, hampir tidak ada contoh di mana saya menemukan Note10 Lite kurang. Note 9 masih merupakan perangkat yang cukup mumpuni, jadi chipset yang menjalankannya pada Note10 Lite masih cukup relevan.
Note10 Lite juga dapat memainkan game pada pengaturan tertinggi. Saya tidak punya masalah bermain Mortal Kombat 11 , PUBG Lite atau Asphalt 9 di pengaturan tertinggi. Kehangatan terlihat di bagian bawah ponsel dan terutama di sekitar pinggiran logam. Tapi segalanya tidak pernah menjadi terlalu panas. Dan tidak, tidak ada contoh penutupan aplikasi karena terlalu panas.
Speaker penembak ke bawah tunggal sangat rata-rata. Ya, cukup keras untuk melepaskan kebutuhan earphone, tetapi kualitas suaranya tidak terlalu kaya. Untungnya, Samsung menawarkan jack audio 3,5 mm. Sementara earphone dibundel dalam kotak, saya akan merekomendasikan Anda menggunakan earphone pribadi Anda. Kualitas panggilan luar biasa dengan speaker lubang suara cukup keras untuk sebagian besar percakapan.
Samsung Galaxy Note10 Lite berjalan pada Android 10 dengan antarmuka One UI 2 di atasnya. Satu UI jelas telah membawa banyak perbaikan pada mantan Samsung Experience dan TouchWiz UI. Ini sangat membantu dengan operasi satu tangan karena menu lebih mudah dijangkau di bagian bawah layar. Ini tentu saja versi antarmuka yang jauh lebih halus dan responsnya luar biasa. Pengalamannya tidak jauh berbeda dengan yang ada di S10 Lite. Saya telah berbicara panjang lebar tentang hal itu dalam ulasan S10 Lite, jadi saya tidak akan mengulangi hal yang sama. Tapi ya, ini saya perlu ulangi – membuka sidik jari terasa lambat pada Note10 Lite juga.
Satu-satunya tambahan di sini adalah berkat S Pen yang hadir dengan fitur kapal yang banyak, banyak yang mirip dengan yang terlihat pada Note10 / Note10 + S Pen.
Raison d’etre untuk jajaran Note ponsel Samsung adalah S Pen. Dari generasi ke generasi, ia menjadi lebih cerdas. S Pen pada Note10 Lite menawarkan banyak fitur yang sama yang pernah dilihat pada seri Note 10. Seperti dengan Note10 / Note10 +, S Pen di sini juga Bluetooth diaktifkan sehingga memungkinkan Anda menggunakannya sebagai tongkat ajaib – tetapi sebenarnya gerakan udara itu terasa membosankan setelah beberapa saat. Anda dapat memprogram tombol di sepanjang S Pen untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu dengan penekanan tunggal / ganda tergantung pada aplikasi tempat Anda berada.
Air View memungkinkan Anda mengarahkan Pena S Anda di atas benda-benda dan informasi pratinjau seperti pengingat di kalender, melihat pratinjau gambar di galeri, melihat pratinjau laman web dengan melayang di atas tautan, dan banyak lagi. Jika, seperti saya, Anda tidak suka pointer S Pen saat mencatat, Anda dapat menonaktifkannya di Pengaturan> S Pen> Tampilkan toggle pointer . Anda juga dapat menerjemahkan langsung, yang sering saya gunakan ketika membaca artikel berbahasa Jerman. Meskipun terjemahan ini didukung oleh Google Translate, terjemahan itu hanya menerjemahkan setiap kata, bukan seluruh kalimat, yang dapat sedikit mengecewakan.
Saya menyukai fitur pengenalan tulisan tangan yang mengubah catatan tulisan tangan Anda menjadi teks dan angka yang tepat.
Menggunakan S Pen untuk mencatat adalah pengalaman hebat karena hampir tidak ada kelambanan saat Anda mencatat petunjuk Anda. Berkat tingkat tekanan 4.096 (jujur, tidak ada cara untuk menguji angka itu) jika Anda tertarik dengan corat-coret atau sketsa, itu berguna.
Kameranya bagus, tapi ada apa dengan pengurangan noise agresif?
Seri Note perangkat dari Samsung belum benar-benar menjadi ‘ponsel kamera’ seperti halnya S-series. Note10 Lite telah mengambil rute yang lebih tradisional dengan sensor kameranya. Berbeda dengan S10 Lite, yang menggunakan sensor utama 48 MP, Note10 Lite hadir dengan sensor primer 12 MP dengan aperture f / 1.7 dan ukuran piksel 1,4 mikron dengan dukungan untuk optical image stabilization (OIS). Dukungan OIS juga hadir untuk kamera 12 MP lainnya yang menawarkan 2x optical zoom dan memiliki aperture f / 2.4 dengan ukuran piksel 1 mikron. Kamera lainnya adalah kamera ultrawide 12 MP dengan aperture f / 2.2. Dan tidak, Anda tidak mendapatkan bukaan variabel pada kamera utama seperti yang telah kita lihat pada Catatan 10/10 +. Di bagian depan, ada sensor 32 MP yang menawarkan pixel selfie 8 MP. Ini memiliki aperture f / 2.2 dengan ukuran piksel 0.
Dalam hal video, Note10 Lite mendukung perekaman 4K pada 60 fps dan menawarkan stabilisasi gambar elektronik. Tapi Super Steady OIS hanya ditawarkan di Full HD. Kamera depan juga mampu merekam video 4K, seperti kamera belakang.
Saya tidak bisa mengeluh tentang foto siang hari. Semuanya seperti yang diharapkan dari kamera ini. Gambar terperinci, rentang dinamisnya bagus, dan tidak ada perubahan warna pada hasil akhir. Hanya dengan lensa sudut ultra-lebar, pinggiran ungu terlihat jelas di tepinya, begitu pula ketajamannya turun. Dengan kamera utama, ketajaman gambar dipertahankan di sekitar sudut juga.
Saya juga akan menyukainya jika algoritme pengurangan kebisingan tidak masuk ke gir segera setelah tingkat cahaya turun karena menghaluskan tekstur sedikit terlalu banyak. Ini adalah sesuatu yang saya perhatikan pada Galaxy S10 Lite juga. Saya tidak tahu apakah ini disengaja untuk menjaga gambar akhir sedikit lebih tajam daripada yang terlihat pada flagship S10 dan Note10.
Dengan foto yang kurang cahaya , Anda akan melihat gambar yang lebih lembut dibandingkan dengan foto di siang hari, dan itu cenderung menjaga kebisingan tetap terkendali. Mode malam menerangi pemandangan dan mampu menawarkan rentang dinamis yang lebih baik, tetapi gambar keseluruhan tidak seperti apa pemandangan sebenarnya.
Kamera 32 MP di bagian depan menawarkan selfie bined piksel yang baik untuk digunakan. Ada sejumlah besar menghaluskan kulit bahkan saat selfie siang hari. Selfie cahaya rendah menunjukkan jumlah noise yang pasti. Ketajaman yang turun di sekitar tepi cukup terlihat pada selfie. Anda juga dapat merekam video 4K dari kamera depan, yang tidak separah ini. Saya bisa melihat banyak vloggers menggunakan ini. Mikrofon headset yang dibundel mampu meredam kebisingan di sekitarnya dengan baik.
Sama seperti kebanyakan perangkat Samsung unggulan, Note10 Lite juga hadir dengan Live Focus alias mode potret. Saya tidak akan mengatakan itu yang terbaik, tetapi cukup dekat. Dalam hal deteksi tepi, itu setara dengan Samsung Galaxy S10 Lite, menghitamkan rambut dalam delapan dari sepuluh tembakan. Detail pada wajah atau subjek ditangkap dengan baik. Perhatikan rambut di wajah kucing ini dalam gambar ini.
Video
Galaxy Note 10 Lite mampu memotret hingga 4K pada 60 fps dan stabilisasi elektronik tersedia hingga resolusi itu. Pada siang hari, rekaman sangat bagus asalkan Anda tidak berjalan dan menembak (Anda dapat melihat jitter saat Anda berjalan) atau terlalu banyak panning (framing mencolok). Saat level cahaya turun, ketajaman hilang. Memotret dalam mode OIS Super Steady membuat footage mantap pastinya, tetapi menambahkan lapisan kelembutan yang meningkat di tengah kondisi pencahayaan, membuat footage terlihat seperti lilin. Video di malam hari benar-benar kurang detail, jadi kecuali itu benar-benar diperlukan, saya akan tinggal jauh dari itu. Ada fitur menarik perhatian seperti mengetik AR. yang menjiwai apa yang Anda tulis di atas cuplikan video. Maksud saya itu baik untuk memiliki fitur, tetapi Anda akan jarang menggunakannya, kecuali Anda seorang mahasiswa atau sesuatu.

Audio dalam video yang direkam kadang-kadang sedikit mati. Dalam beberapa kasus, saya

perhatikan bahwa keseimbangan stereo tidak aktif, dalam skenario jalanan, pemisahan stereo tidak terlalu bagus.
Daya tahan baterai
Samsung Galaxy Note10 Lite hadir dengan baterai yang sama dengan 4.500 mAh yang kami lihat dengan Galaxy S10 Lite. Dalam hal penggunaan, pada hari biasa dengan dua akun email yang disinkronkan, akun Telegram, Slack, WhatsApp yang selalu berdengung , mencatat dengan Pena 10-12 kali sehari, 30-40 foto sehari, satu jam dari streaming video, dan beberapa jam podcast, memberi saya sekitar sedikit lebih dari sehari. Seorang pengguna bisnis biasa tidak akan melakukan sepertiga dari hal-hal ini, sehingga masa pakai baterai dapat dengan mudah meregang menjadi setengah hari untuk sebagian besar pengguna. PC Mark untuk Android memberi saya sekitar 11 jam 42 menit pemutaran terus menerus.
Screenshot_20200217-115011_PCMark
Samsung Galaxy Note10 Lite hadir dengan baterai yang sama dengan 4.500 mAh yang kami lihat dengan Galaxy S10 Lite.
Pengisi daya 25 W yang dibundel memastikan bahwa telepon terisi daya dalam waktu 70 menit, yang sangat bagus. Ponsel ini memang pekerja keras.
Putusan dan Harga di India
Gunakan Samsung Galaxy Note10 Lite jika, dan hanya jika, S Pen akan menjadi nilai yang sangat besar bagi Anda dan Anda melihat diri Anda benar-benar berinvestasi dalam memanfaatkannya. Note10 Lite berhasil melakukan banyak hal dengan benar, dan sebagai smartphone stylus-sporting, di Rs 38.990, ia tidak memiliki persaingan di segmen harga ini. Ini adalah satu-satunya USP Note10 Lite.

Samsung tampaknya akan menarik pembeli baru ke ekosistem Note dan berharap untuk

mengubahnya pada akhirnya menjadi pengguna ponsel Note. Kita harus melihat apakah strategi ini berhasil untuk raksasa Korea.
Jika Anda tidak yakin tentang S Pen dan berapa nilai yang akan ditambahkan dalam penggunaan Anda sehari-hari, cukup gunakan Galaxy S10 Lite – ini adalah penawaran terbaik berikutnya dari Samsung jika Anda tidak melihat ponsel andalannya yang mahal.

Dapatkan OnePlus 7T jika Anda menginginkan kinerja dan / atau masih belum sepenuhnya dijual

pada penawaran Lite terbaru Samsung, atau rasakan Note 10 Lite telah membuat satu kompromi terlalu banyak untuk memangkas biaya.
Bangun dan Desain: 8/10
Kinerja: 8/10
Kamera: 7,5 / 10
Perangkat lunak: 8/10
Tampilan: 8.5 / 10
Baterai: 8/10
Keseluruhan: 8/10